Jakarta (ANTARA) - McDonald's menghadirkan gerai terbaru dengan konsep yang lebih ramah lingkungan di bagian Utara Jakarta dengan nama gerai McDonald's Boulevard Barat.

Adapun perwujudan pertama konsep tersebut dituangkan dalam desain minimalis namun kekinian bernama Geometri serta pemanfaatan elemen-elemen ramah lingkungan untuk gerai yang terletak di Kelapa Gading itu.

"Langkah ini merupakan wujud dari komitmen McDonald’s secara global yang hendak mencapai target penurunan emisi karbon pada 2050 mendatang, dan juga sejalan dengan misi pemerintah Indonesia dalam menargetkan nol emisi karbon (net zero emission) pada 2060,” kata Associate Director of Communications McDonald's Indonesia Sutji Lantyka dalam siaran persnya, Sabtu.

Gerai ramah lingkungan tersebut mulai beroperasi pada Sabtu (1/10) dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan untuk memesan makanan maupun minuman khas McD.

Director of Store Development Group McDonald's Indonesia Ratna Wirahadikusumah kemudian lebih lanjut menjelaskan elemen ramah lingkungan lainnya yang ditonjolkan di Gerai Boulevard Barat.

Mulai dari kelistrikan yang mengandalkan teknologi panel surya hingga material-material hasil daur ulang yang dimanfaatkan untuk interior maupun eksterior desain.

Adapun panel surya digunakan diklaim mampu mengurangi emisi karbon dalam 20 tahun dengan spesifikasi 35 modul solar PV.

Untuk bagian bangunannya, McD Indonesia menggunakan sebagian batu bata ramah lingkungan yang merupakan hasil daur ulang plastik.

Bangunan yang dimaksud ialah untuk area parkir serta pagar pembatas lahan.

Tidak berhenti sampai di situ lantai pada balkon restoran juga menggunakan plat yang terbuat dari 80 persen material daur ulang.

Memasuki bagian eksterior, terdapat anyaman sintetis dari material ramah lingkungan yang bukan hanya dapat mempercantik tampilan restoran, namun juga berfungsi sebagai sun shading untuk menangkal panas sinar matahari sehingga suhu di dalam gerai menjadi lebih sejuk.

“Gerai ini juga didukung dengan 45 persen area resapan termasuk lahan hijau.”kata Ratna.

Membahas soal desain, desain Geometri ditonjolkan di bagian dalam gerai berkonsep ramah lingkungan ini.

Desain Geometri ini menjadikan McDonald's Boulevard Barat bernuansa lebih kekinian, fresh dan playful tanpa menghilangkan kesan hangat dan nyaman yang merupakan ciri khas dari setiap gerai McDonald’s.

Gerai ini juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap dimulai dari McCafe, Party Room, Playland, Mushola, Wi-fi bebas biaya, Self Ordering Kiosk serta menerapkan Dual Point System dan Double Line Drive Thru. Seluruh sistem ini hadir untuk meminimalisir antrian panjang serta meningkatkan kenyamanan pelanggan.

“Kami berharap McDonald’s Boulevard Barat ini dapat menjadi langkah awal untuk membangun restoran yang memanfaatkan elemen ramah lingkungan sehingga pada akhirnya dapat memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap lingkungan hidup. Di sisi lain, diharapkan pembaruan desain Geometri pada McDonald’s Boulevard Barat dapat memberikan suasana baru yang terasa lebih nyaman dan istimewa untuk para konsumennya,” tutup Sutji.

Baca juga: Selama Ramadhan McDonald's hadirkan menu hingga program spesial

Baca juga: McDonald's Indonesia gelar McClassroom untuk para guru terpilih

Baca juga: Rasa Indonesia di menu McD, burger nasgor hingga es krim teh botol

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022