Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa penting serta menarik, terjadi di DKI Jakarta selama sepekan terakhir pada periode 24 September 2022 sampai dengan 30 September 2022.

Dalam periode tersebut, diinformasikan berita yang informatif, menarik dan layak untuk diulas kembali antara lain mengenai jalur sepeda di Jakarta saat ini, soal pulau reklamasi (Pulau G), sampai dengan halte TransJakarta (TJ) dinilai menghalangi cagar budaya.

Berikut adalah rangkuman berita Jakarta selama sepekan terakhir:

1. DKI Jakarta bangun 196 kilometer jalur sepeda pada 2022

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 2022 membangun jalur sepeda sepanjang 196,45 kilometer di 26 ruas jalan dengan 40,06 kilometer (km) di antaranya jalur terproteksi menggunakan tiang pembatas (stick cone) plastik.

"Pada 2022 ini, kami membangun 196,45 km di dua arah jalan, ada 40,06 km yang terproteksi, terus ada beberapa yang 'mixing' dengan kendaraan lainnya yang akan dipasang paku jalan dan ada yang di trotoar," kata Kepala Seksi (Kasi) Rekayasa Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Hendry Sampurna saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini.


2. Wagub Riza dukung Pj Gubernur DKI pilihan Presiden Jokowi

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendukung sosok Penjabat (Pj) Gubernur pilihan Presiden Joko Widodo yang akan menggantikan posisi Gubernur dan Wakil Gubernur selanjutnya.

"Tentu saya bersama Pak Gubernur Anies akan selesai 16 Oktober. Nanti Presiden akan menunjuk Pj Gubernur siapa pun yang dipilih kita akan hormati, hargai, dan dukung," kata Riza Patria saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Minggu.

Selengkapnya di sini.


3. Pengawasan tempat hiburan malam di Cilincing ditingkatkan

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) meningkatkan pengawasan tempat usaha hiburan tidak berizin dengan menggelar patroli keliling di dua tempat diduga lokasi prostitusi malam hari di Cilincing, Jakarta Utara, salah satunya area Kampung Rawa Malang, Semper Timur.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Utara Yusuf Madjid (Yuma) di Jakarta, Senin, melaksanakan perintah patroli tersebut dengan mengerahkan 100 personel untuk memantau aktivitas tempat usaha hiburan tidak berizin tersebut.

Selengkapnya di sini.


4. Dinsos DKI kawal realisasi penyaluran BLT BBM sebesar 97,6 persen

Jakarta (ANTARA) - Dinas Sosial DKI Jakarta mengawal penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) yang sudah terealisasi 97,6 persen atau 300.949 penerima hingga Selasa (27/9).

"Kami melalukan supervisi, pengawasan, dan pembinaan terhadap pelaksanaan program BLT BBM," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.


5. Anggota DPRD DKI ragu Pulau G untungkan warga menengah ke bawah

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah meragukan rencana pemanfaatan lahan hasil reklamasi bernama Pulau G di Teluk Jakarta menguntungkan bagi warga berpenghasilan menengah ke bawah.

Menurut Ida, jika peruntukkan dan detail pembangunan permukiman di Pulau G didasarkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dengan pihak swasta, yaitu PT Muara Wisesa Samudra, maka potensi komersialisasi kawasan tersebut akan besar.

Selengkapnya di sini.


6. DPRD harap alokasi khusus APBD DKI untuk kompetensi guru

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengharapkan alokasi khusus dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta untuk keperluan peningkatan kompetensi guru tiap tahunnya.

"Pengembangan diri dan peningkatan kompetensi adalah salah satu hak dari guru, juga selain masalah kesejahteraan. Ini penting tapi jarang dibicarakan," kata Anggara di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini.


7. Tim ahli sebut revitalisasi halte Bundaran HI melanggar prosedur

Jakarta (ANTARA) - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan Tim Sidang Pemugaran (TSP) DKI Jakarta menyebut proyek revitalisasi Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI) melanggar prosedur terkait cagar budaya karena tidak melalui sidang di tim tersebut.

"Jadi, seharusnya memang semua objek diduga cagar budaya itu melalui Tim Sidang Pemugaran," kata Ketua TSP Boy Bhirawa saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini.


8. TransJakarta ikuti aturan terkait revitalisasi Halte Bundaran HI

Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengikuti aturan terkait revitalisasi Halte Bundaran HI agar tak melanggar prosedur mengingat adanya cagar budaya di lokasi tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Mochammad Yana Aditya saat memberikan keterangan di Kantor TransJakarta, Cawang, Jakarta Timur, pada Jumat.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022