FKIK Unismuh harus tetap belajar untuk lebih meningkatkan kualitas yang lebih baik lagi
Makassar (ANTARA) - Pakar telemedisin dari Italia Prof Nando Campanella membagikan ilmunya saat kuliah umum dan kerja sama internasional di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

"Kehadiran pakar asal Italia ini untuk mengulas Telemedicine's Potential to Support Doctoral in Primary Care and Emergency Cases di Fakultas Kedokteran Unismuh," kata Dekan FKIK Unismuh Prof Suryani As'ad di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan pakar telemedisin ini berbagi ilmu dan pengetahuan dengan peserta kuliah umum yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa lingkup FKIK Unismuh Makassar.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, merupakan aktualisasi kerja sama Internasional yang difasilitasi Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh dengan De Martinis Telemedicine Fabel, Italia.

Baca juga: Tim akreditasi internasional siap uji FKIK Unismuh Makassar

Baca juga: Dosen Unismuh latih warga buat pakan ikan berbasis limbah sayur

​​​
Menurut Suryani, kuliah umum ini juga merupakan salah satu bagian dari implementasi kerja sama yang telah dilaksanakan dan dilanjutkan dalam bentuk pengabdian masyarakat di Desa Binaan FKIK Unismuh serta dilanjutkan dengan Joint Research (kerja sama penelitian).

Sementara itu, Campanella mengatakan, pihaknya terbuka untuk penandatanganan MOU dan MOA untuk kerja sama itu.

Menurut Prof Suryani, kerja sama itu sejalan dengan program FKIK Unismuh yang saat ini telah melangkah pada proses akreditasi internasional.

Sebelumnya Prodi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter telah meraih akreditasi A dari LAM-PTKes.

"FKIK Unismuh harus tetap belajar untuk lebih meningkatkan kualitas yang lebih baik lagi, salah satunya dengan menghadirkan pakar dari luar negeri," ujarnya.

Karena itu, lanjut dia, kuliah umum ini sangat penting, karena jika setelah menyelesaikan studi, dan ditempatkan di wilayah yang fasilitasnya terbatas, dibutuhkan tambahan ilmu dalam membantu melakukan perawatan primer dan juga penanganan kasus-kasus darurat.

Baca juga: Unismuh gelar sosialisasi akreditasi internasional Kemendikbudristek

Baca juga: 17 mahasiswa Unismuh Makassar magang internasional di Thailand
Suasana Kuliah Umum Fakultas Kedokteran Universitas Muhammdiyah Makassar dengan menghadirkan pakar telemedisin asal Italia Prof Nando Campanella di Unismuh, Makassar, Sabtu (1/10/2022). Antara/ HO - Unismuh

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022