"Program Bakti BUMN Untuk Mandalika hadir sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN untuk melaksanakan berbagai kegiatan sosial bagi masyarakat NTB, khususnya Mandalika,”
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Sebanyak 35 BUMN berkolaborasi dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang diwujudkan melalui Bakti BUMN dengan melakukan penanaman ribuan pohon di jalan Bypass Bandara Lombok.

Menteri BUMN, Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya di Praya, Sabtu menyebutkan Pemerintah telah menetapkan Mandalika sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan untuk mewujudkannya BUMN telah membangun Sirkuit Mandalika dan telah melaksanakan berbagai ajang nasional dan internasional.

"Program Bakti BUMN Untuk Mandalika hadir sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN untuk melaksanakan berbagai kegiatan sosial bagi masyarakat NTB, khususnya Mandalika,” katanya.

Program TJSL terfokus pada 3 bidang prioritas yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK. Kesuksesan Bakti BUMN untuk Mandalika ini adalah kolaborasi yang telah dijalankan oleh berbagai pihak baik itu BUMN, Pemerintah Daerah dan masyarakat sekitar Mandalika.

"Semoga BUMN serta Pemda dan masyarakat Mandalika dapat terus bersama-sama mewujudkan Indonesia yang Maju, Makmur dan Mendunia," katanya.

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Bapak Tedi Bharata mengatakan, sesuai arahan Menteri BUMN, program yang dilaksanakan merupakan program yang selaras dengan tiga prioritas program TJSL dan sesuai kebutuhan masyarakat Mandalika.

BUMN dalam pelaksanaan program turut melibatkan Pimpinan Daerah serta masyarakat setempat dalam pelaksanaannya, baik dalam perencanaan, pemberian pelatihan hingga pengelolaan bantuan yang diberikan.

"Kesuksesan Program Bakti BUMN untuk Mandalika berasal dari kolaborasi yang baik dari berbagai pihak yang terlibat. Untuk itu agar kolaborasi yang telah terjalin dengan baik agar bisa terus dijaga dan dikembangkan,” katanya.

Sebagai salah satu pusat pelaksanaan Bakti BUMN untuk Mandalika, berbagai kegiatan BUMN dilakukan di Balai Desa Kuta Mandalika, yaitu Pembangunan 4 unit Guest House, Pembangunan Sentra UMKM dan Creative Hub serta Pembangunan Bank Sampah. BUMN juga memberikan 500 Pasang Sepatu Gratis bagi Pelajar Madrasah di Desa Sengkol dan Desa Kuta.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Seremonial Kolaborasi Bakti BUMN untuk Mandalika ini, turut dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama oleh Kepala Desa dan Masyarakat Kuta Mandalika sebagai wujud komitmen untuk menjaga dan memanfaatkan bantuan yang telah diberikan dapat bersajalan secara berkelanjutan.
Baca juga: UMKM mutiara binaan PLN NTB mendunia lewat Rumah Kreatif BUMN
Baca juga: Kementerian BUMN bersama Pegadaian, Jasa Marga dan ITDC luncurkan Program Perdana Bakti BUMN di Mandalika Lombok
Baca juga: Menteri BUMN buka Lombok Writers Festival 2022 di NTB

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022