Manado (ANTARA) - Penyerang Sulut United Eksel Runtukahu mengantarkan timnya menundukkan PSBS Biak dengan skor 1-0 dalam laga pekan ketujuh Liga 2 Indonesia Grup Timur di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu.

Eksel, yang di pertandingan sebelumnya membukukan dwigol kontra Persewar Waropen, melanjutkan tren kesuburannya dengan mengoyak gawang PSBS pada menit ke-39.

Bagi Eksel pribadi, gol tersebut membuat sang penyerang berusia 24 tahun kini berbagi posisi puncak daftar top skor sementara Liga 2 Indonesia bersama pemain berpengalaman Persela Lamongan Zulham Zamrun dengan catatan lima gol.

Hasil ini membuat Sulut United menangguk kemenangan dalam tiga pertandingan beruntun dan sementara naik ke posisi kelima klasemen Grup Timur dengan koleksi sembilan poin.

Sedangkan bagi PSBS, hasil ini memaksa mereka melanjutkan catatan nirmenang dalam tiga laga beruntun yang dua terakhir berujung kekalahan. PSBS tak beranjak dari posisi kedelapan klasemen Timur dengan empat poin.

Baca juga: PSBS Biak incar kemenangan laga tandang di Palu dan Manado

Bermain di kandang sendiri, Pasukan Hiu Utara berusaha mengambil inisiatif serangan dan mencari celah di barisan pertahanan tim tamu.

Upaya itu baru membuahkan hasil pada menit ke-39 ketika bola tembakan Eksel gagal diantisipasi oleh kiper Gerri Mandagi dan Sulut United membuka keunggulan atas PSBS.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum dan PSBS memasuki babak kedua dengan ambisi memperoleh gol balasan, tetapi percobaan demi percobaan tak kunjung membuahkan hasil lantaran kiper Rafly Kapoh tampil relatif gemilang.

Sulut United bahkan nyaris menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-76 bila saja bola sundulan Eksel tak ditolak oleh tiang gawang.

Kendati demikian, anak-anak asuh Jaya Hartono sukses mempertahankan skor 1-0 hingga peluit tanda laga usai ditiup oleh wasit Athfin Adi Utama Kurfia.

Di pertandingan selanjutnya, Sulut United bakal bertandang ke markas Putra Delta Sidoarjo pada Sabtu (8/10) pekan depan, sedangkan PSBS sehari sebelumnya bakal menjamu Persipura Jayapura dalam sebuah derbi Papua.

Baca juga: Jadwal Liga 2 Sabtu: Derbi Papua menjelma perebutan puncak Timur
Baca juga: Klasemen Liga 2 seusai Deltras gelar pesta gol ke gawang Kalteng Putra

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022