Hujan dapat menyebabkan berbagai hal, seperti sungai meluap, banjir dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang dalam tiga hari, yakni Sabtu-Senin (1-3/10).

"Hujan dapat menyebabkan berbagai hal, seperti sungai meluap, banjir dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Sabtu.

Untuk Sabtu malam ini, kawasan yang berpotensi mengalami hujan lebat dan dapat disertai petir adalah di Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, kemudian Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sedangkan untuk Minggu dan Senin antara lain di Kota Balikpapan pada Minggu sekitar pukul 11.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Barat dan Balikpapan Utara.

Di Kota Bontang pada Minggu sekitar pukul 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara.

Baca juga: BMKG deteksi 129 titik panas di Kaltim

Baca juga: BMKG deteksi 75 titik panas di Kaltim


Untuk Kabupaten Kutai Timur, hujan lebat hingga hujan petir pada Minggu sekitar pukul 11.00 Wita terjadi di tujuh kecamatan, yakni Batu Ampar, Karangan, Sandaran, Sangkulirang, Long Mesangat, Muara Bengkal, dan khusus Kecamatan Telen berpotensi pula terjadi sekitar pukul 23.00 Wita.

Kabupaten Berau pada Minggu sekitar pukul 11.00 Wita, hujan lebat dan hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Pulau Derawan, Batu Putih, dan Biduk-Biduk, pukul 23.00 Wita di Kecamatan Tanjung Redeb, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Kecamatan Teluk Bayur.

Senin pagi sekitar pukul 08.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi pada empat kecamatan, yakni Kecamatan Pulau Derawan, Tabalar, Biatan, dan Kecamatan Talisayan.

Kabupaten Kutai Barat pada Minggu sekitar pukul 20.00 Wita, hujan lebat dan hujan petir diprakirakan terjadi hampir di semua kecamatan, kecuali Kecamatan Long Iram, Bongan, dan Linggang Bigung yang hanya mengalami hujan ringan.

Sekitar pukul 23.00 Wita, hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di sembilan kecamatan, yakni Bentian Besar, Damai, Long Iram, Melak, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Siluq Ngurai.

"Pada Senin dini hari sekitar pukul 02.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi pada lima kecamatan, yakni Long Iram, Muara Pahu, Jempang, Linggang Bigung, dan Muara Lawa, sedangkan 12 kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan," ujar Carolina.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Minggu sekitar pukul 08.00 dan 23.00 Wita berpotensi terjadi di enam kecamatan, yakni Muara Badak, Muara Muntai, Kenohan, Marangkayu, Muara Wis, Tenggarong Seberang, kemudian pada Senin dini hari berpotensi terjadi di Kecamatan Kenohan.

Baca juga: Lima kabupaten di Kaltim diprakirakan hujan petir Minggu-Senin

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca ekstrem Kaltim

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022