Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Mario Suryo Aji siap bertarung di balap Moto3 Thailand setelah mengambil sisi positif dari babak kualifikasi, Sabtu.

Mario berupaya menemukan ritme dan posisinya di kualifikasi, namun catatan waktunya hanya cukup untuk membawa sang pebalap Honda Team Asia di P29, sedangkan rekannya, Taiyo Furusato start dari P13.

Di lap-lap terakhir Q1, Mario ingin melaju di belakang rombongan pebalap memanfaatkan slipstream, tapi mereka justru berhenti di tikungan terakhir.

"Pada akhir sesi, saya membalap sendiri. Setiap lap saya semakin baik membalap sendirian. Ini hal positif yang bisa diambil hari ini," kata Mario dikutip laman resmi tim, Sabtu.

Sementara itu Dennis Foggia dari tim Leopard Racing merebut pole dengan memecahkan rekor lap Moto3 di Buriram dengan catatan 1:42,007.

Itu merupakan pole ketiga bagi Foggia musim ini. Ia terpaut 80 poin dari Izan Guevarra di klasemen.

P2 direbut Jaume Masia dari tim KTM Ajo yang finis 0,292 detik berselang, dan Ayumu Sasaki melengkapi baris terdepan.

Baca juga: Mario Aji manfaatkan balapan di Thailand untuk cek progres

Perjuangan Mario akan cukup berat mengawali balapan dari belakang grid, tapi pebalap kelahiran 16 Maret 2004 itu ingin memanfaatkan sesi pemanasan untuk menemukan setup yang tepat untuk motornya sebelum balapan.

"Di warmup, kami akan mencoba beberapa hal, dan saya akan menyesuaikan gaya membalap saya. Saya siap tempur," kata Mario.

Mario awal pekan ini mengamankan bangkunya di Honda Team Asia untuk musim 2023, bersama Furusato yang masih bakal ditandemkan dengan dirinya.

Pada tahun pertamanya membalap secara penuh di Moto3, Mario sementara ini berada di peringkat 26 klasemen dengan koleksi lima poin. Sedangkan Furusato baru sekali mencetak poin yaitu saat ia finis P14 di Motegi, kampung halamannya akhir pekan lalu.

Poin pertama Mario musim ini diraih ketika ia finis P14 di Mandalika, di mana ia juga untuk pertama kalinya mengamankan posisi start baris terdepan berkat penampilan mengesankan saat kualifikasi di sirkuit Lombok itu.

Mario kembali mengamankan front row di Portugal ketika dia meraih satu posisi lebih baik di P2 meski nyaris mengamankan poin di Algarve. Ia kembali finis di zona poin ketika ia tampil di Mugello, Italia.

Baca juga: Bezzecchi kejutkan Ducati dengan pole position perdana di Thailand
Baca juga: Statistik MotoGP Thailand

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022