Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengajak masyarakat khususnya generasi millenial lebih mengenal alat utama sistem persenjataan atau alutsista milik TNI untuk meningkatkan kecintaan terhadap dunia kemiliteran.

"Kenapa kami mengajak warga khususnya anak milenial ini untuk mengenal alutsista TNI karena nantinya mereka juga yang akan menjadi penerus bangsa," ujar Ramdhan di sela meninjau pameran alutsista TNI di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, mengatakan pameran alutsista TNI tidak sering digelar sehingga ia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momen pameran alutsista kali ini.

Menurut ia, tugas pokok dan fungsi TNI sebagai penjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa belum terlalu dimengerti oleh sebagian generasi milenial.

Oleh karena itu, Danny mengajak masyarakat bisa mengenal lebih dekat TNI maupun alutsista pendukungnya melalui pameran yang digelar secara terbatas tersebut.

"Di pameran ini seluruh matra TNI hadir dan membuat booth untuk menampilkan alutsistanya. Para prajurit TNI kita juga banyak yang ditugaskan untuk membantu warga dalam mendapatkan informasi apa pun terkait tupoksi anggota TNI serta fungsi dari setiap senjata itu," katanya.

Sementara itu, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso mengharapkan melalui pameran alutsista masyarakat dapat lebih dekat dan mengenal TNI, termasuk berbagai persenjataan yang digunakan pasukan saat berhadapan dengan lawan.

"HUT ke-77 TNI tahun ini, kami ingin lebih dekat dengan masyarakat. Ada banyak senjata yang kami tampilkan pada pameran dan bisa dikunjungi masyarakat umum secara gratis. Jadi, siapa saja bisa melihat secara jelas bagaimana persenjataan TNI," katanya.

Pada pameran alutsita ini, beberapa jenis senjata yang dipamerkan antara lain panser Anoa 6x6 dari Yonkav 10/Mg, mobil rantis PJD dari Yonif Raider 700/WYC, rudal MMS dari Yon Arhanud 16/Maleo, meriam Howitzer 178/105 mm dari Yon Armed 6/TMR Divisi 3/Kostrad, kendaraan SOTM dari Hubdam XIV/Hsn, dan kendaraan Dekontaminasi dari Batlyon Zipur 8/Smg.

Selain itu, ada kendaraan khusus Jihandak dari Yon Zipur 8/Smg, kapal Patkamla Tanakeke, kapal Patkamla Langkai dan Sea Rider dari TNI AL, kendaraan Oerlikon, kendaraan APC Turangga, Run Hilux Gatling Gun dari TNI AU, rudal LML dari Yon Arhanud 16/Maleo, Rantis Badak 6x6 dari Kikav 14/JJ Divisi 3 Kostrad, dan Rantis BTR dari Yonkav/Smg.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022