hasil dari key opinion leader calon Pj Gubernur DKI Jakarta terbaik adalah Bahtiar dengan 59,8 persen, Marullah Matali (35,7 persen), dan Heru Budi Santoso (4,5 persen)
Jakarta (ANTARA) - Lembaga survei Trust Indonesia merilis tingkat kepuasan masyarakat Jakarta terhadap tiga calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan Gubernur Anies Baswedan.

Periset Trust Indonesia Ahmad Fadli melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan tingkat kepuasan publik terhadap Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menempati posisi pertama dibanding dua calon lainnya.

Berdasarkan hasil survei periode 28-30 September 2022, menunjukkan Bahtiar pada peringkat pertama dengan tingkat kepuasan kinerja sebesar 76,2 persen disusul Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali (52,4 persen), dan Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono (36,1 persen).

"Nama Pak Bahtiar unggul dari tingkat kinerja, mulai dari kapasitas dan integritas, pengalaman, anti korupsi dengan tingkat kepuasan 76,2 persen," kata Fadli.

Fadli menjelaskan survei dilakukan secara daring dengan populasi survei meliputi responden pakar (expert) yang dianggap memiliki pengetahuan mendalam mengenai tiga calon Pj Gubernur DKI Jakarta 2022.

Para responden pakar itu terdiri dari delapan profesi, yaitu birokrat, akademisi, pengusaha, tokoh masyarakat, media (pers), aktivis mahasiswa, LSM, dan pengamat politik.


Maka, kata Fadli, kalau dilihat dari hasil "key opinion leader" maka para pakar diwawancara mengarah kepada dua calon Pj Gubernur, yakni Bahtiar dan Marullah Matali.

"Untuk key opinion leader kita tidak perlu menggunakan jumlah responden seperti popularitas, elektabilitas karena untuk opinion leader di sini kita mengunci kepada expert saja dan tidak harus KTP asal DKI Jakarta," tutur Fadli.

Namun, para responden memahami dan mengetahui kinerja atau mengetahui profil dari ketiga Pj Gubernur DKI.

Sedangkan, hasil dari key opinion leader calon Pj Gubernur DKI Jakarta terbaik adalah Bahtiar dengan 59,8 persen, Marullah Matali (35,7 persen), dan Heru Budi Santoso (4,5 persen).

Survei tersebut menggunakan pengambilan sampel melalui metode purposive sampling (non-probability sampling) dengan merumuskan kriteria spesifik yang akan diteliti terlebih dahulu.

Diketahui, DPRD DKI Jakarta telah menyerahkan usulan tiga nama calon PJ Gubernur DKI kepada Kemendagri pada beberapa waktu lalu.

Ketiganya tersebut, yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

Pada Rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) DPRD DKI digelar Selasa (13/9) lalu, Bahtiar memperoleh dukungan enam suara dari total sembilan fraksi.

Sementara, dua calon Pj Gubernur DKI Marullah Matali dan Heru Budi Hartono mendapat dukungan dari seluruh fraksi.
Baca juga: DPRD DKI yakin Presiden Jokowi tunjuk nama Pj Gubernur yang diajukan
Baca juga: Kursi deputi perlu diisi saat penjabat gubernur pimpin DKI Jakarta
Baca juga: Heru Budi mengaku tak pernah bahas penjabat gubernur DKI dengan Jokowi

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022