Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) berharap kegiatan Jalan Santai Kemang dan Gelar Budaya 2022 di Jakarta Selatan, Minggu, dapat menjadi sarana pelestarian budaya asli Indonesia sekaligus pemantik kebahagiaan bagi daerah lain.

"Bersama Jakarta Selatan, insya Allah wujud kebahagiaan, kesejahteraan, kita buktikan di antara solidaritas kita. Kita ingin Jaksel, khususnya Jakarta dan Indonesia pada umumnya, bukan hanya selamat, bukan hanya kuat, tetapi bahagia dan membahagiakan," kata Muhaimin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Muhaimin mengatakan hal itu saat mengikuti kegiatan bersama Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Jakarta Selatan. Dia menaruh harapan besar Gelar Budaya itu dapat menggerakkan kegiatan perekonomian pascapandemi COVID-19 bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kemang, Jakarta Selatan.

Melalaui festival Jalan Santai Kemang dan Gelar Budaya tersebut, lanjutnya, kelestarian budaya Betawi dapat dipelihara sekaligus mempercepat perbaikan ekonomi.

"Ibu-ibu, bapak-bapak sekalian, ini dunia lagi kacau, negara-negara lain pada bangkrut. Kita berdoa moga-moga Indonesia selamat dan menyelamatkan. Moga-moga Indonesia jauh dari musibah dan masalah," katanya.

Baca juga: Muhaimin Iskandar sebut Soekarno sosok menginspirasi

Dia juga mengapresiasi Forkabi yang menyelenggarakan acara untuk menggantikan Festival Palang Pintu Kemang tersebut. Menurutnya, Forkabi merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) yang memiliki peran penting dalam merajut persatuan dan kesatuan masyarakat.

"Semakin mendekatkan hati di antara kita semua. Semakin menjaga silaturahmi di antara kita, agar kita saling bahu membahu, bantu membantu, apabila ada yang memiliki kekurangan dan kelemahan," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD Forkabi Jakarta Selatan, sekaligus anggota panitia Jalan Santai Kemang, Mustofa Murtadho mengatakan tujuan acara tersebut untuk melestarikan budaya Betawi, termasuk ondel-ondel hingga gambang keromong.

Dia menjelaskan panitia penyelenggara menggabungkan acara gelar budaya dengan kegiatan olahraga jalan santai dan pameran kuliner, sebagaimana Festival Palang Pintu Kemang biasa digelar setiap tahunnya.

"Biasa yang kami laksanakan adalah Festival Palang Pintu, sekarang kami coba ubah cara pikir, kami membuat acara Jalan Santai Kemang," ujar Murtadho.

Baca juga: Pemkot Jaksel gelar kegiatan Jalan Santai Kemang dan Gelar Budaya 2022

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022