Bangka (ANTARA) - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso (Buwas) menegaskan para peserta Perkemahan Antar Satuan Karya Tingkat Nasional (Peran Saka Nasional) 2022 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Saya meminta seluruh panitia, peserta kegiatan ini patuh, menjaga dan menjalankan prokes COVID-19," kata Budi Waseso saat pembukaan Peran Saka Nasional 2022 di Bumi Perkemahan Depati Amir Desa Balun Ijuk Kabupaten Bangka, Minggu.

Ia sangat gembira terlaksananya Peran Saka Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2022 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimulai pada 2 hingga 9 Oktober tahun ini, sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka penegak dan penengah untuk berlatih menyalurkan minat serta bakat, pengalaman dari berbagai ilmu pengetahuan, teknologi dalam gerakan pramuka.

"Saya sangat gembira dengan kegiatan ini, namun karena masih dalam pandemi maka kepatuhan semua peserta dalam menjaga prokes harus tetap dijaga dengan baik, agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 di daerah ini," ujarnya.

Ia menegaskan seluruh panitia dan peserta Peran Saka Nasional tahun ini harus menerapkan prokes, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan harus menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

"Meskipun kegiatan Peran Saka Nasional tahun ini tidak dilaksanakan di kota besar yang tentunya ancaman masalah COVID-19 cukup tinggi, namun kita tetap selalu waspada," katanya.

Menurut dia dengan disiplin menerapkan prokes dan kebersihan lingkungan tentunya kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan semua sehat termasuk ikut membantu kesehatan masyarakat di sekitar perkemahan ini.

"Saat ini sudah terbentuk 11 Saka dan aktif secara nasional dan keberadaan Saka ini harus dijaga serta dikembangkan sehingga perannya sebagai pembinaan dapat dirasakan masyarakat secara berkesinambungan," katanya. ***3***


Baca juga: Menpora resmi buka Peran Saka Nasional 2022 di Babel

Pewarta: Aprionis
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022