Padang (ANTARA) - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat mengatakan kompetisi Liga 3 tingkat provinsi Sumbar akan memperebutkan piala bergilir Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dan Piala Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Ketua Asprov PSSI Sumatera Barat Indra Dt Rajo Lelo di Padang, Minggu mengatakan pelaksanaan kompetisi Liga 3 zona Sumbar musim ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya karena ada hadiah berupa uang tunai dan piala bergilir bagi mereka yang berhasil menjadi juara.

Menurut dia langkah ini berawal dari Kongres tahunan PSSI Sumbar yang digelar beberapa waktu lalu, ada masukan dari voter agar kompetisi Liga 3 tingkat Sumbar ini ada hadiah dan piala bagi tim yang menjadi pemenang.

Baca juga: Laga Persiku Kudus melawan Persikaba Blora ditunda

Masukan tersebut, lanjutnya dibicarakan dengan Exco PSSI Sumbar dan pihaknya menyetujui agar pemenang mendapat hadiah uang tunai yang totalnya mencapai puluhan juta.

Dalam kongres PSSI Sumber, ia juga mempersilakan jika ada sponsor yang ingin membantu, namun sampai saat ini memang tidak ada sponsor. Pihaknya sedari dulu juga menggelar kompetisi Liga 3 ini tanpa sponsor dan juga tidak menggunakan dana APBD.

"Kompetisi Liga 3 Sumbar ini biasanya kita gelar dengan sumber daya yang ada dengan melibatkan Exco PSSI Sumbar dan tahun ini saya secara pribadi berbicara dengan Menteri Perdagangan dan Gubernur Sumbar, alhamdulillah tanggapannya baik," kata dia.

Ia mengaku sudah menyampaikan secara langsung kepada seluruh tim dalam rapat pertemuan teknik yang digelar di DPRD Sumbar pada Minggu siang mengenai hal tersebut, "Dan tanggapan tim cukup baik," kata dia.

Baca juga: SPFC: Tragedi Kanjuruhan jadi introspeksi bagi pelaku sepak bola

Ia mengatakan Piala Menteri Perdagangan ini akan dilaksanakan bergilir setiap tahunnya dan PSSI Sumbar dalam hal ini akan berupaya menjaga kualitas kompetisi baik dan sesuai dengan regulasi.

"Kita akan jaga ini dengan sebaik mungkin agar kompetisi ini mampu melahirkan juara di tingkat Sumbar dan mampu berbicara banyak di tingkat nasional dan mampu naik kasta ke Liga 2," kata dia.

Kompetisi Liga 3 Zona Sumatera Barat akan digelar pada 10 Oktober 2022 secara serentak dan diikuti 21 tim yang terbagi dalam empat grup di babak penyisihan grup.

Baca juga: Pendukung PSIS tetap datangi Stadion Jatidiri Semarang

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022