Medan (ANTARA) - PLN berhasil memulihkan 100 persen kelistrikan usai terguncang gempa berkekuatan 6,0 SR yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, Sabtu (1/10) dini hari.

Semua kebutuhan listrik untuk fasilitas umum, fasilitas kesehatan sampai listrik ke rumah warga 100 persen telah menyala kembali.

"PLN pada hari Minggu (2/10) sekira pukul 18.00 WIB telah berhasil 100 persen memperbaiki jaringan listrik di seluruh kecamatan yang terdampak gempa tersebut," kata Manajer Komunikasi dan TJSL PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut Yasmir Lukman, dalam keterangan tertulis, Senin.

Yasmir menyebutkan, meskipun dalam proses pemulihan gangguan setelah gempa 6,0 SR di Kabupaten Taput, petugas PLN sempatkan mendapatkan beberapa tantangan.

Baca juga: 105 gempa susulan melanda Tapanuli Utara

Namun berkat kolaborasi dengan warga setempat dan Pemerintah Kabupaten Taput, semua tantangan dapat terselesaikan dengan baik.

"Seluruh wilayah Kabupaten Taput terang benderang.Sebanyak 82.996 pelanggan listrik yang terdampak padam, telah menyala seluruhnya," ucapnya.

Ia mengatakan, warga yang terdampak gempa di Kabupaten Taput mengapresiasi kerja keras PLN.Aktivitas sudah berjalan normal, para pedagang dan kantor-kantor layanan publik sudah menunjukkan geliatnya kembali untuk berinteraksi dengan masyarakat Taput.

PLN juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap siaga mengantisipasi jika gempa terjadi kembali.

"Posko siaga 24 jam yang telah dipersiapkan PLN dan seluruh petugas PLN akan sigap membantu setiap pelanggan PLN yang membutuhkan bantuan," katanya.

Baca juga: BNPB: 962 rumah rusak akibat gempa Tapanuli Utara

Selain posko siaga, saat ini PLN juga sudah menyediakan Aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore.

"PLN Mobile akan memudahkan setiap pelanggan untuk mengakses berbagai layanan PLN dan termasuk pengaduan dan keluhan pelanggan," kata Yasmir.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022