Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur memberikan edukasi kepada warga Kampung Gembira Gembrong mengenai pola hidup sehat.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan pihaknya telah memberikan edukasi kepada warga korban kebakaran Pasar Gembrong oleh para Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) yang terlibat.

Baca juga: Internet gratis disediakan bagi warga Kampung Gembira Gembrong

“Kita minta agar hidup disiplin, selain bentuk perhatian, dari hikmah kebakaran ini warga semakin berubah pola pikir," kata Muhammad Anwar di Jakarta, Senin.

Anwar menambahkan seiring dengan berubahnya pola pikir warga korban kebakaran Pasar Gembrong itu juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian yang lebih baik.

Anwar mengatakan revitalisasi Kampung Gembira Gembrong mengusung konsep pengembangan daerah tepian air (water front city).

Kawasan itu juga dilengkapi ruang terbuka ramah anak hingga fasilitas untuk lansia. Hal itu dilakukan agar warga korban kebakaran Pasar Gembrong meninggalkan pola hidup lama yang kurang sehat.

Dia mengatakan proses revitalisasi Kampung Gembira Gembrong telah rampung dan akan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu (5/10).

Baca juga: Warga Kampung Gembira Gembrong kerja bakti bersihkan lingkungan

“Alhamdulillah semuanya sudah rampung dan akan diresmikan langsung oleh Pak Gubernur," ujar Anwar.

Pemerintah Kota Jakarta Timur (Jaktim) memulai pengerjaan revitalisasi permukiman korban kebakaran Pasar Gembrong pada awal Juli 2022.

Pembangunan kembali permukiman itu mengusung konsep pengembangan daerah tepian air (water front city).

Tak hanya permukiman warga, namun nantinya juga dibangun ruang terbuka ramah anak hingga fasilitas untuk lansia.

Total terdapat 138 rumah warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang direvitalisasi menggunakan dana Baznas-Bazis DKI Jakarta dengan anggaran Rp7,8 miliar tersebut.

Baca juga: Kampung Gembira Gembrong ubah pola hidup warga menjadi sehat

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022