Di manapun anda ditempatkan, apapun tugas anda, anda adalah pengelola keuangan negara
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani berharap lulusan Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) dapat memberikan nilai tambah dan manfaat dalam mengelola keuangan negara.

"Di manapun anda ditempatkan, apapun tugas anda, anda adalah pengelola keuangan negara,” katanya dalam wisuda PKN STAN yang diiikuti di Jakarta, Senin. harap

Wisuda PKN STAN diikuti sebanyak 2.397 wisudawan dan dihadiri sejumlah pejabat lainnya di antaranya Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Ketua IKANAS Helmy Yahya, dan lainnya.

Menkeu menjelaskan pembelajaran di kampus merupakan proses untuk membentuk diri sebagai pemimpin.

Belajar di masa pandemi, kata dia, merupakan salah satu ujian integritas bagi semua mahasiswa, yang mana kesempatan untuk berbuat curang atau menguntungkan diri sendiri terbuka lebar.

"Saya anggap kalian lulus tidak hanya mendapatkan gelar saja, namun merupakan saringan integritas yang sangat baik. Jaga integritas itu,” katanya..

Wisuda akbar PKN STAN tahun 2022 mengusung tema “DHARMADYAKSA” atau singkatan dari “Damar Asa Manggala Pendarkan Wiyata Tuk Sempurnakan Karsa” dengan makna pemimpin yang menerangi harapan dengan memberi pengajaran untuk menguatkan tekad mencapai tujuan bersama.

Wisudawan diharapkan dapat mengabdikan diri sebagai pembawa lentera pengetahuan yang menerangi jalan menuju kejayaan Indonesia.

Sebagai calon pemimpin di masa depan, Menkeu berharap agar para wisudawan dapat menjadi pemimpin yang berintegritas, berdedikasi, dan loyal dan selaras dengan tujuan bernegara. Selain itu, pemimpin juga harus memiliki kompetensi serta kemampuan untuk selalu belajar serta mencari sumber pengetahuan.

"Saya harap kalian tidak selesai untuk belajar. Ilmu pengetahuan yang kalian dapatkan di sini adalah baru sebagian kecil dari ilmu pengalaman yang akan dibutuhkan pada saat kalian akan menjadi pemimpin di masa depan,” kata Sri Mulyani.

Menkeu berharap STAN terus memperbarui kurikulum, proses penyampaian materi, serta pola pembinaan mahasiswa. Adapun 67 persen lulusan PKN STAN tahun 2022 meraih predikat dengan pujian.

Wisudawan terbaik dari Program Studi D-III Akuntansi diraih oleh Muhammad Arsy Nabiilah. Wisudawan terbaik dari Program Studi D-III Pajak diraih oleh Melati Mustika Arditia. Wisudawan terbaik dari Program Studi D-III Kebendaharaan Negara diraih oleh Putu Ratna Divia Sari. Ilham Wahyu Firmansyah meraih predikat wisudawan terbaik dari Program Studi D-III Manajemen Aset. Wisudawan terbaik dari Program Studi D-III PBB/Penilai diraih oleh I Putu Raditya Kameswara. Sedangkan wisudawan terbaik dari Program Studi D-III Kepabeanan dan Cukai diraih oleh Muhammad Reza Nurikhsan.

Baca juga: Sri Mulyani minta lulusan PKN STAN jaga integritas demi Indonesia Maju

Baca juga: Wamenkeu minta mahasiswa PKN STAN jadi pemimpin keuangan yang inklusif

Baca juga: Sri Mulyani dorong PKN STAN lakukan transformasi karakter

Baca juga: Kemendes PDTT butuh lebih banyak tenaga PKN STAN


Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022