Kalau hal itu bisa didanai oleh pendanaan air bersih ini, artinya itu bisa lebih membantu untuk perusahaan daerah air minum (PDAM) dan pemerintah kabupaten/kota dalam penyelenggaraan air minum
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap program pendanaan air bersih atau clear water fund yang akan diluncurkan dalam ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada akhir tahun ini dapat lebih membantu perusahaan daerah air minum dan pemerintah daerah terutama pemerintah kabupaten/kota.

"Kalau hal itu bisa didanai oleh pendanaan air bersih ini, artinya itu bisa lebih membantu untuk perusahaan daerah air minum (PDAM) dan pemerintah kabupaten/kota dalam penyelenggaraan air minum. Mudah-mudahan bisa lebih membantu," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti di Jakarta, Senin.

Diana berharap dengan adanya program pendanaan air bersih, maka persoalan mengenai air bersih sudah tidak ada lagi. Artinya persoalan mengenai air terkait aspek pendanaan bisa terbantu.

Hal ini dikarenakan permasalahan di sektor air minum salah satunya terkait mengenai masalah pendanaan di daerah-daerah.

Daerah mengalami permasalahan dalam hal sambungan pipa air ke rumah-rumah, mengingat untuk membangun sambungan tersebut, daerah harus menyediakan dana atau bahkan menalangi dana pembangunan terlebih dahulu.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyiapkan program pendanaan air bersih atau clear water fund senilai 300 juta dolar AS yang akan diluncurkan dalam ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada akhir tahun ini.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pendanaan air bersih merupakan bagian dari transformasi BUMN dengan menugaskan holding Danareksa untuk menggarap program tersebut.

Saat ini, proyek percontohan sudah ada di Subang, Jawa Barat. Proyek ini bisa menjadi pilot project dengan pemerintah daerah lainnya di banyak tempat dengan bisnis dan proses, tidak dengan janji politik.

Program yang dijalankan dengan proses bisnis bertujuan agar program itu berjalan sehat dan rakyat bisa mendapatkan pelayanan air bersih yang baik. Perusahaan sehat supaya bisa re-investasi, pipa yang sudah usang juga diperbaiki agar air bersih yang dikonsumsi masyarakat tidak menjadi racun.

Baca juga: 6.400 rumah tangga ditargetkan nikmati air bersih dari SPAM Raknamo
Baca juga: BRIN: Teknologi desalinasi sebagai solusi krisis air bersih
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu bangun penampungan air hujan di Pulau Harapan

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022