Tanjungpinang (ANTARA) - Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Riau (Disnaker Kepri) menggelar job fair (bursa kerja) virtual yang diikuti 50 perusahaan untuk masyarakat pencari kerja selama 4-6 Oktober 2022.

Kepala Disnaker Kepri Mangara Simarmata
mengatakan job fair virtual atau disebut pameran kesempatan kerja daring merupakan suatu wadah untuk mempertemukan perusahaan dan pencari kerja.

"Daftar perusahaan dan lowongan kerja dapat diakses melalui link jobfair.kemnaker.go.id. Sementara pendaftaran pencari kerja, melalui link siapkerja.kemnaker.go.id," kata Mangara Simarmata di Tanjungpinang, Senin.

Ia menyampaikan sampai saat ini sudah ada sekitar 25 perusahaan yang membuka lowongan kerja melalui link jobfair.kemnaker.go.id, dengan total sebanyak 96 lowongan, dan pencari kerja sebanyak 925 orang.

Baca juga: Perusahaan di Jakarta diingatkan bayar upah layak bagi buruh

Baca juga: Warga padati bursa kerja di Mall Taman Palm Cengkareng


Perusahaan yang telah terdaftar, katanya, tersebar di Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kota Tanjungpinang.

Perusahaan-perusahaan itu bergerak di bidang industri teknologi, perkapalan, perhotelan, hingga keuangan.

"Jika memenuhi kualifikasi dan persyaratan yang diajukan perusahaan. Silakan daftar, bahkan pencari kerja bisa berkomunikasi langsung dengan pihak perusahaan bersangkutan," ujarnya.

Namun, menurut dia, salah satu syarat pencari kerja ialah mempunyai kartu siap kerja atau sebelumnya dikenal kartu kuning. Kartu tersebut menandakan bahwa seseorang telah siap dan mampu untuk bekerja.

"Kartu siap kerja bisa diurus di kantor disnaker secara manual atau online melalui aplikasi siap kerja," ungkapnya.

Ia berharap kegiatan job fair ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak mungkin, khususnya di Kepri. Sehingga, akan dapat mengurangi tingkat pengangguran di daerah tersebut. Selain itu, masyarakat juga mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat serta kompetensinya.

"Untuk perusahaan pun, semoga dapat memperoleh tenaga kerja sesuai standar dan kualitas yang diinginkan," katanya menegaskan.*

Baca juga: 40 perusahaan ikut bursa kerja di Jakarta Barat

Baca juga: Pemkot Jakbar seleksi perusahaan peserta job fair tahap dua


Pewarta: Ogen
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022