Magelang (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta dilakukan investigasi menyeluruh dan tuntas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (1/10) yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan luka-luka.

"Kami menuntut pertanggungjawaban dari semua pihak dalam tragedi tersebut. Harus dilakukan investigasi secara menyeluruh dan tuntas," kata AHY pada Pelantikan DPC Partai Demokrat se-Provinsi Jawa Tengah di Magelang, Senin.

Menurut dia satu nyawa hilang sudah terlalu banyak, apalagi seratusan, padahal seharusnya hal itu sebuah ajang yang membawa kegembiraan untuk masyarakat.

"Jumlah korban banyak sekali, sulit diterima dengan logika hari ini. Oleh karena itu menurut saya 1 Oktober selamanya tidak hanya dikenang sebagai Hari Kesaktian Pancasila, tetapi juga menjadi lembar yang kelam dalam dunia olahraga nasional," katanya.

Baca juga: Palembang harap Tragedi Kanjuruhan tak pengaruhi Piala Dunia U-20

Baca juga: Korban selamat tragedi Kanjuruhan harapkan keadilan


Ia menyampaikan tragedi di Kanjuruhan itu ternyata terburuk nomor dua dalam sejarah persepakbolaan di dunia, memilukan dan juga tentunya memalukan.

AHY menuturkan jika dari investigasi nanti memang terbukti ada kesalahan-kesalahan prosedur dalam menangani situasi di lapangan baik yang dilakukan oleh panitia pelaksana atau panitia penyelenggara maupun aparat.

"Harus bisa dipertanggungjawabkan langsung kepada rakyat," katanya.

Partai Demokrat menyerukan agar hukum ditegakkan secara adil, karena tidak ingin tragedi semacam itu terjadi di tempat yang lain.

"Cukuplah, kalau ada kesalahan-kesalahan fatal seperti itu jangan terulang kembali di tempat lain. Sekali lagi ini adalah pelajaran yang sangat berharga tetapi juga sangat menyakitkan untuk Indonesia. Semoga ke depan tidak akan lagi terjadi seperti itu," katanya

Ia menyampaikan sungguh merupakan tragedi yang sangat menyakitkan perasaan sebagai bangsa. Dia mengajak, mari doakan semoga yang meninggal dunia husnul khatimah diampuni segala dosa, khilaf, dan kesalahan selama hidup, diterima segala amal ibadah dan kebaikannya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan kesabaran dan kelapangan jiwa untuk menghadapi ujian yang berat ini.

Pihaknya sudah menginstruksikan bendahara umum dan jajaran Partai Demokrat yang ada di wilayah Malang untuk sama-sama bergandengan tangan guna menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada para korban dan keluarganya.

"Hanya itu yang bisa kami lakukan untuk sedikit mengurangi rasa duka dan kehilangan, doa yang tulus bantuan yang ikhlas dan ini prinsip dalam kehidupan. Hanya dengan itu kami bisa terus berkontribusi dengan baik," katanya.*

Baca juga: Pemain Persebaya shalat gaib doakan korban jiwa tragedi Kanjuruhan

Baca juga: Polres Jember gelar shalat gaib untuk korban tragedi Kanjuruhan

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022