rumah singgah itu cukup dekat dengan RS Sanglah Bali
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat telah menyiapkan rumah singgah di Jalan Pulau Ambon no 22 Denpasar-Bali bagi warga di daerah setempat yang dirujuk atau berobat ke Rumah Sakit Sanglah Bali.

"Lokasi rumah singgah itu cukup dekat dengan RS Sanglah Bali," kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri dalam keterangan tertulisnya di Praya, Senin.

Ia mengatakan, untuk urusan kemanusiaan, pemerintah daerah tetap perhatikan dan menjadi prioritas mulai dari jalan yang berlubang kita perbaiki, jembatan termasuk pusat-pusat pelayanan.

“Hari ini kita resmikan rumah singgah di Denpasar dilatarbelakangi oleh keprihatinan kita mereka datang dari Lombok Tengah, tidak memiliki tempat tinggal,” katanya.

Belum biaya hidup yang pasti besar, sehingga Pemerintah Daerah minimal menyiapkan tempat tinggal, selama mereka menjalankan pengobatan. Tugas pemerintah adalah memberikan pelayanan yang terbaik, yang murah cepat dan bersih.

“Tugas pemerintah sesuai amanah Undang Undang Dasar (UUD) tahun 1945 bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Termasuk dalam pelayanan kesehatan,” katanya.

Baca juga: Sumut mulai operasikan rumah singgah untuk pasien kanker
Baca juga: Pemkab Morut sediakan rumah singgah bagi warga yang berobat ke Banggai

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Tengah Suardi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Lombok Tengah yang di tengah-tengah kesibukannya meluangkan waktunya untuk datang menyapa warga yang sakit, sekaligus meresmikan Rumah Singgah untuk masyarakat Lombok Tengah.

Mulai dari pelayanan kesehatan dasar seperti rehab puskesmas pembantu sampai pelayanan kesehatan rujukan dengan adanya rumah singgah bagi masyarakat yang dirujuk di rumah sakit Sanglah.

“Seperti yang saat ini kita saksikan beliau datang untuk menyiapkan tempat buat warganya yang dirujuk ke rumah sakit Sanglah yang type A yang belum ada di Provinsi di NTB. Semoga Rumah Singgah ini benar-benar bermanfaat buat masyarakat Lombok Tengah,” katanya.

Baca juga: Bangka Barat siapkan rumah singgah pasien di Jakarta dan Palembang

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022