Jakarta Selatan berpotensi hujan lebat disertai petir dengan angin kencang
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan sebagian wilayah Jakarta Barat diguyur hujan pada Selasa siang hingga sore bahkan beberapa untuk Jakarta Selatan disertai kilat/ petir dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di  Jakarta Selatan siang dan sore hari," tulis BMKG dalam laman resmi, Selasa.

Cuaca di lima wilayah kabupaten dan kota di Provinsi DKI Jakarta umumnya diprakirakan cerah berawan dan berawan pada pagi hari, kecuali Kepulauan Seribu yang berpotensi hujan ringan.

Namun pada siang hari, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan berpotensi hujan. Potensi hujan di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat diperkirakan berintensitas ringan, Jakarta Timur berpotensi hujan berintensitas sedang, Jakarta Selatan berpotensi hujan lebat disertai petir.

Pada malam hari, BMKG memperkirakan wilayah Jakarta Barat saja yang masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan, sedangkan wilayah lain mengalami cuaca berawan.

Suhu udara di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan berkisar 25 hingga 32 derajat Celcius. Sedangkan di Jakarta Pusat berkisar 25 hingga 31, Jakarta Utara antara 26 hingga 31 derajat Celsius, dan Kepulauan Seribu memiliki suhu pada rentang 25 hingga 30 derajat Celsius.

Kelembaban udara di lima wilayah daratan Jakarta antara 70 hingga 95 persen sedangkan Kepulauan Seribu berkisar 75 hingga 90 persen.

Adapun kualitas udara Jakarta berdasarkan pengukuran partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer (PM2,5) oleh BMKG di Kemayoran pada pukul 07.00 WIB menunjukkan nilai 35,6 piktogram per meter kubik.

Nilai tersebut masih di bawah ambang batas konsentrasi polusi yang diperbolehkan berada dalam udara ambien yakni 65 piktogram per meter kubik.

Angin di perairan Teluk Jakarta dan perairan Kepulauan Seribu berhembus dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan berkisar enam sampai 15 knots dan ketinggian gelombang 0,5 hingga 1,25 meter.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022