Jakarta (ANTARA) - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mendorong para mahasiswa menjadi pemimpin lewat jalur pengusaha.

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu menilai jalur pengusaha juga bisa jadi jalan anak muda untuk jadi bupati, walikota, hingga jadi menteri.

"Sekali lagi saya katakan, kalau kalian mau jadi bupati, pingin jadi gubernur, pingin jadi menteri, pingin jadi Presiden, tidak semuanya lewat partai politik, jalur pengusaha pun bisa kalian lakukan. Sekarang sudah terjadi," kata Bahlil dalam Orasi Ilmiah: Transformasi Ekonomi melalui Hilirisasi dengan Kearifan Lokal yang digelar di Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Selasa.

Bahlil bercerita, beberapa kolega dan juniornya di Hipmi saat ini banyak yang menjabat sebagai bupati hingga walikota di Jawa Timur. Begitu pula dirinya yang kini menjadi menteri meski tidak terafiliasi partai politik.

Ia kemudian menceritakan sedikit kisah hidupnya di mana 20 tahun silam dirinya pun sama dengan para mahasiswa ITS di hadapannya.

Ia juga mengakui ITS merupakan satu dari tiga kampus impiannya. Namun, karena keterbatasan biaya, ia akhirnya hanya bisa meneruskan kuliah dan menamatkan gelar S1-nya di sekolah tinggi swasta di Jayapura, Papua.

"Saya dulu bermimpi untuk punya tiga cita-cita, setelah tamat dari Fakfak. Pertama kuliah di UI, kedua ITB dan ketiga adalah ITS. Tapi apa boleh buat, saya selesai kuliah di Fakfak, karena hidup saya susah, akses komunikasi tidak sebaik sekarang, saya kuliah di Jayapura. Itu pun bukan di Uncen (Universitas Cendrawasih), tapi sekolah tinggi swasta," katanya.

Oleh karena itu, ia mendorong para mahasiswa untuk bisa juga ikut menjadi pengusaha dan mendukung ekonomi nasional hingga kemudian bisa berkontribusi lebih dalam jika menjadi pemimpin atau menteri kelak.

"Kalau kalian pingin jadi menteri, enggak perlu jadi karyawan, enggak perlu jadi politisi, jadi pengusaha pun bisa menjadi menteri yang independen," katanya.

Orasi ilmiah di ITS merupakan pembuka dari rangkaian roadshow terkait hilirisasi yang dilakukan Menteri Investasi di tujuh kampus di Indonesia. Setelah ITS, roadshow dilanjutkan ke UGM, ITB, ITB, UI, Universitas Cenderawasih dan Universitas Hasanuddin.

Dalam rangkaian roadshow, Menteri Investasi didampingi Chairman of the Board and CEO Freeport-McMoRan Richard C. Adkerson.

Baca juga: Presiden Jokowi: RI masih dipercaya perusahaan global meski ada krisis
Baca juga: Pembangunan pabrik pipa di Batang hasil Indonesia "telikung" Vietnam
Baca juga: Bahlil: Bali Compendium senjata RI terkait gugatan nikel

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022