Tokyo (ANTARA) - Dolar Australia merosot pada perdagangan Selasa sore, setelah bank sentral negara itu mengejutkan pasar dengan kenaikan suku bunga yang lebih kecil dari perkiraan, sementara sterling memperpanjang pemulihannya sehari setelah pemerintah Inggris membatalkan pemotongan pajak yang kontroversial.

Aussie merosot sebanyak 0,97 persen dan terakhir diperdagangkan 0,5 persen lebih lemah pada 0,6482 dolar AS.

Bank sentral Australia (RBA) mengatakan memutuskan untuk memperlambat laju pengetatan karena suku bunga telah meningkat secara substansial dalam waktu singkat, meskipun pembuat kebijakan membiarkan pintu terbuka untuk kenaikan tambahan.

"Jelas RBA belum terbujuk oleh apa yang dilakukan bank sentral lain, yang membuat komentar bahwa mereka tidak memiliki kekhawatiran tentang nilai tukar di sini," kata Ray Attrill, kepala strategi valas di National Australia Bank di Sydney.

"Belum ada bukti bahwa bank sentral lain akan menghentikan agresi yang mereka lakukan untuk memperketat kebijakan, (jadi) saya pikir masuk akal jika Aussie berada di bawah 65 untuk saat ini."

Menjelang keputusan RBA, mata uang yang sensitif terhadap risiko telah mengikuti sedikit di bawah ujung atas kisarannya sejak 23 September di 0,6537 dolar AS. Aussie merosot ke level terendah 2,5 tahun di 0,63635 dolar AS minggu lalu, terbebani oleh kekhawatiran resesi global.

Sterling menguat 0,08 persen menjadi 1,1333 dolar setelah sebelumnya mencapai 1,13435 dolar, level tertinggi sejak 22 September, sehari sebelum pemerintah baru mengguncang pasar dengan anggaran mini pemotongan pajak besar-besaran yang didanai oleh peningkatan pinjaman.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss terpaksa mundur dari rencana itu pada Senin (3/10/2022) di tengah pemberontakan partainya.

Euro juga melayang mendekati level tertinggi sejak 22 September, terakhir berpindah tangan 0,15 persen lebih kuat pada 0,9838 dolar.

Dolar AS kehilangan beberapa dukungan dari penurunan imbal hasil obligasi pemerintah semalam setelah data ekonomi lokal menunjukkan perlambatan di bidang manufaktur, mengisyaratkan bahwa kenaikan suku bunga Federal Reserve yang agresif sudah dirasakan.

Indeks dolar - yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya termasuk sterling dan euro - hampir datar di 111,55, tidak jauh dari terendah Senin (3/10/2022) di 111,46, level yang terakhir terlihat pada 23 September. Indeks telah melonjak ke level tertinggi dua dekade. 114,78 pada Rabu lalu (28/9/2022).

Sehari sebelumnya, survei Institute for Supply Management (ISM) menunjukkan aktivitas manufaktur AS adalah yang paling lambat dalam hampir 2,5 tahun pada September karena pesanan baru berkontraksi, dengan ukuran inflasi gerbang pabrik melambat selama enam bulan berturut-turut.

Namun, Commonwealth Bank of Australia memprediksi kelonggaran sterling akan berumur pendek dan reli dolar akan terus berlanjut.

Selama bulan mendatang, "dolar AS dapat tetap meningkat karena FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal) terus meningkatkan suku bunga secara agresif dan ekonomi global memasuki resesi," tulis ahli strategi CBA Joseph Capurso dalam catatan klien.

Dia juga mencatat "risiko resesi global dapat mendorong pound sterling turun secara signifikan" dan "prospek ekonomi Inggris yang lemah akan membuat sterling di bawah tekanan" dalam jangka menengah.

Greenback 0,14 persen lebih kuat pada 144,77 yen, bertahan di bawah 145 setelah sempat melonjak di atas level itu pada Senin (3/10/2022) untuk pertama kalinya sejak otoritas Jepang melakukan intervensi guna mendukung mata uang mereka pada 22 September.

Menteri keuangan Jepang Shunichi Suzuki mengulangi pada Senin (3/10/2022) bahwa pihak berwenang siap untuk langkah-langkah "menentukan" di pasar valuta asing jika pergerakan yen "tajam dan sepihak" bertahan.

Dolar Selandia Baru melemah 0,34 persen menjadi 0,56995 dolar AS, meskipun itu masih dekat dengan kisaran tertinggi sejak 26 September. Bank sentral Selandia Baru (RBN) memutuskan kebijakan pada Rabu (5/10/2022), dan pasar sepenuhnya memperkirakan kenaikan setengah poin, sambil memberikan peluang 29 persen untuk peningkatan 75 basis poin.

Baca juga: Sterling kokoh setelah kebijakan Inggris berbalik arah, Aussie turun

Baca juga: Dolar naik jelang keputusan ECB dan pidato Powell, Lowe pukul Aussie

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022