Jakarta (ANTARA) - BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID) terus menerapkan layanan smart operation dalam industri pertambangan seiring dengan revolusi industri 4.0 yang makin berkembang.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso dalam pernyataan di Jakarta, Selasa, mengatakan transformasi teknologi dapat menjadi pengubah proses pertumbuhan seluruh sistem sektor pertambangan yang berbasis sustainable.

"MIND ID mengedepankan inovasi dan perbaikan berkelanjutan, selalu beradaptasi dengan perkembangan jaman dan teknologi," kata Hendi.

Ia memastikan pelaksanaan inovasi ini sejalan dengan pilar sustainability pathway MIND ID, yaitu smart operation untuk memaksimalkan proses bisnis dan kegiatan operasional.

"Grup MIND ID tetap memperhatikan komitmen pelaksanaan praktik pertambangan yang baik (good mining practices)," Hendi.

Sebagai contoh, dalam mengolah, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air tambang, MIND ID telah mengembangkan aplikasi digital bernama MASTERMINE yang dapat meningkatkan efektifitas manajemen limbah tambang.

Sejalan dengan semangat Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77, MIND ID bertekad untuk mewujudkan pertambangan berkelanjutan melalui digitalisasi untuk memaksimalkan produktivitas dan menciptakan pertambangan yang efisien dan ramah lingkungan.

Selain itu, lanjut dia, transformasi ini dapat menumbuhkan semangat kolaborasi untuk membangkitkan energi menjadi lebih kuat.

"Digitalisasi industri pertambangan telah menjadi salah satu aspek utama yang menjadi perhatian perusahaan. Transformasi operasional secara bertahap menjadi digital dilakukan untuk memberikan nilai tambah di seluruh rantai proses penambangan dan pengolahan mineral," kata Hendi.


Baca juga: Erick Thohir: Pendapatan MIND ID naik 41 persen

Baca juga: MIND ID berkomitmen wujudkan pengembangan baterai terintegrasi


 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022