Jakarta (ANTARA) - Petenis peringkat satu dunia Carlos Alcaraz tersingkir pada babak pertama Astana Open, Kazakhstan, Selasa, kalah 5-7 3-6 dari petenis Belgia David Goffin.

Juara US Open Alcaraz mengalami kekalahan dua set langsung pertamanya sejak November tahun lalu.

Alcaraz (19) memainkan turnamen ATP pertamanya sejak kemenangannya di New York yang membuatnya menjadi petenis nomor satu dunia termuda.

Dia bermain di Piala Davis bulan lalu, memenangi salah satu dari dua gelar tunggalnya saat Spanyol mengklaim tempat di perempat final.

Goffin mendapat tempat di babak utama setelah petenis remaja Denmark Holger Rune mundur. Dia berhadapan dengan petenis Prancis Adrian Mannarino di babak 16 besar.

"Saya selalu percaya bahwa saya memiliki level untuk menimbulkan masalah terhadap orang-orang itu," kata Goffin, mantan petenis 10 besar yang sekarang berada di peringkat ke-66, seperti disiarkan AFP.

"Ketika Anda bermain melawan petenis nomor satu dunia di panggung besar, kerumunan besar, api di dalam diri memberi Anda begitu banyak kekuatan untuk memainkan tenis terbaik Anda karena Anda tidak punya pilihan."

"Anda harus berjuang dan memberikan yang terbaik dan itulah yang terjadi hari ini. Saya selalu percaya saya memilikinya."

Baca juga: Alcaraz tak menyangka puncaki peringkat tenis secara cepat

Kemenangan itu adalah ketiga kalinya bagi Goffin, yang berusia 31 tahun, melawan peringkat teratas, setelah mengalahkan Rafael Nadal pada 2017 dan 2020.

Sementara itu, tidak seperti Alcaraz, unggulan ketiga Stefanos Tsitsipas menghindari tersingkir lebih awal saat dia melewati Mikhail Kukushkin 6-3 6-4.

Petenis Yunani itu sedang memburu gelar ATP ketiga musim ini. Dia mencapai 50 kemenangan tingkat tur pada 2022 setelah mematahkan Kukushkin.

"Itu adalah pertandingan yang hebat dari sisi saya," kata Tsitsipas, yang akan menghadapi petenis kualifikasi Italia Luca Nardi untuk memperebutkan tempat perempat final.

Di sisi lain, Karen Khachanov menang pada pertandingan pertamanya sejak mencapai semifinal US Open, mengalahkan petenis Amerika Maxime Cressy 6-4 7-6(7/3).

Daniil Medvedev akan bermain melawan Albert Ramos-Vinolas di babak pertama.

Novak Djokovic akan menghadapi Cristian Garin pada Rabu setelah memenangi gelar ke-89 dalam kariernya di Tel Aviv akhir pekan lalu.

Baca juga: Kyrgios akan ajukan pembatalan tuduhan dengan alasan kesehatan mental
Baca juga: Swiatek tak dapat bela Polandia di final Piala Billie Jean King 2022

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022