Kita berharap inovasi ini tidak berhenti di sini
Jakarta (ANTARA) - Pengembang gim Lokapala, Anantarupa Studios, bersama dengan label Warner Music Indonesia menghadirkan pengalaman konser menarik lewat gim dengan konsep metaverse yang menampilkan musisi perempuan berbakat Jinan Laetitia.

Konser metaverse itu bertajuk "Into The Svarapatha: Jinan" dan bisa diakses hingga 9 Oktober 2022 di gim Lokapala.

"Aku excited banget karena bisa mondar-mandir sambil main dan experience konser! Semoga ke depannya industri musik dan industri gim bisa lebih banyak ide-ide baru dan fun,” ujar Jinan Laetitia mengenai pengalamannya menjajal metaverse concert di gim Lokapala seperti dikutip dalam siaran persnya, Selasa.

Baca juga: Cyberpunk Animatrix ajak pengunjung nikmati seni sambil main game

Tren konser virtual sejak pandemi COVID-19 semakin naik daun, biasanya konser diadakan secara dari melalui platform-platform media sosial.

Sejak konsep metaverse semakin dikenal masyarakat publik, metaverse juga menjadi sasaran untuk menghadirkan pengalaman konser virtual.

Secara global misalnya di 2021 Ariana Grande menghadirkan konser virtual lewat gim "Fortnite" bagi para pemainnya untuk menghadirkan pengalaman lebih interaktif.

Konser itu disambut baik dengan penonton mencapai 27,7 juta pengguna.

Beberapa grup musik juga sempat melakukan hal serupa misalnya seperti konser grup idola BTS di gim Minecraft serta konser Blackpink di gim PUBG.

Interaksi dan ide konser yang bisa diadakan dalam gim tidak memiliki batas.

Baca juga: BLACKPINK dan PUBG Mobile raih "Best Metaverse Performance" di VMA

Pemusik bisa aktif mengeksplorasi untuk mempersembahkan konser yang unik dan menarik, sementara pengembang gim bisa mewujudkan ide-ide tersebut untuk dipersembahkan kepada penonton.

Kolaborasi di antara dua sektor itu akhirnya menjadi kerja sama yang menjanjikan. Berkaca dari hal itu, akhirnya Anantarupa ingin mewujudkan hal serupa untuk pasar Indonesia dengan menggaet musisi asli Tanah Air.

“Kami ingin menghadirkan sesuatu yang bisa membuat penonton atau pemain tidak hanya sekedar menonton konser dari gawai, dan hal ini pastinya bisa sekali diwujudkan melalui gim,” ujar CEO Anantarupa Studios Ivan Chen mengenai kerjasama Warner Music Indonesia dan Lokapala.

"Into the Svarapatha: Jinan" menjadi cara Anantarupa menunjukkan keserbagunaan gim sebagai platform digital yang mampu menyuguhkan hiburan imersif yang mengaburkan batasan yang tidak mungkin diterapkan di dunia nyata.

Artinya, pengguna tidak hanya sekedar menonton konser, tetapi juga bisa mendapatkan pengalaman imersif melalui interaksi di dalam penampilan yang sedang diikuti.

"Kita berharap inovasi ini tidak berhenti di sini, tetapi juga berlanjut di digital lainnya, di mana musik menjadi bagian terpenting di dalam platform apapun ke depannya,” ujar Managing Director WMI Triari Senawirawan.

Adapun "Into the Svarapatha: Jinan" dipastikan hadir secara eksklusif di gim Lokapala dan dapat diunduh baik di ponsel berbasis Android maupun iOS.

Baca juga: Diangkat dari game, film horor "Pamali" rilis 6 Oktober

Baca juga: Pengembangan ekosistem game lokal harus sejalan industri dan prestasi

Baca juga: Telkomsel nilai industri game lokal miliki potensi untuk berkembang

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022