Tidak dikenakan biaya instalasi atau gratis. Itu kami yang menanggung, dianggap sebagai investasi perusahaan
Palembang (ANTARA) - PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina memperluas jaringan gas di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, dengan membuka 15.000 sambungan rumah tangga pada 2022 dalam Program Jargas Mandiri.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar di Pangkalan Balai, Selasa, mengatakan, biaya instalasi sambungan rumah tangga ini ditanggung PGN sehingga konsumen hanya membayar biaya pemakaian.

“Tidak dikenakan biaya instalasi atau gratis. Itu kami yang menanggung, dianggap sebagai investasi perusahaan,” kata dia.

Bagi warga Banyuasin yang berminat diminta untuk mendaftar ke website resmi secara online yang sudah dimulai sejak September 2022.

Program Jargas Mandiri ini diperuntukkan bagi masyarakat golongan menengah yang tidak diperkenankan mengakses program subsidi elpiji 3 kg.

Baca juga: Pemerintah optimistis 300 ribu jaringan gas tersambung pada 2022

Baca juga: Subholding Gas Pertamina raih laba bersih 238,6 juta dolar semester I


Pemerintah menargetkan PGN dapat membangun 1 juta SR Jargas Mandiri di seluruh Indonesia yang dilakukan secara bertahap. Pada 2022, PGN ditargetkan membangun 400.000 SR Jargas Mandiri.

PGN berharap program di Banyuasin ini sudah dinikmati pada awal tahun 2023 setelah menyelesaikan kontruksi jalur distribusi pada tahun ini.

Bupati Banyuasin Askolani mengapresiasi PGN yang memasukkan wilayah Banyuasin sebagai program Jargas Mandiri tersebut.

Pemanfaatan gas dapat menghemat pengeluaran rumah tangga dibandingkan tabung LPG 3 kg. Selain itu, program jargas juga akan menghemat subsidi LPG 3 kg dalam APBN.

“Dengan adanya jargas ini akan mempermudah para ibu-ibu rumah tangga dalam menjalankan aktivitas, tidak takut kehabisan,” kata dia.

PGN pertama kali mengalirkan gas ke Kabupaten Banyuasin pada 2021 di Kecamatan Banyuasin III dengan total 6.899 Sambungan Rumah Tangga melalui program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI bersumber dari APBN.

Kali ini program dijalankan di Kecamatan Talang Kelapa dengan total pengajuan sebanyak 15.000 rumah, mengingat wilayah tersebut merupakan kecamatan yang berbatasan dengan Kota Palembang, kata dia.

Baca juga: Subholding Gas Pertamina buat terobosan pemanfaatan LNG

Baca juga: 4.153 rumah di Kota Probolinggo nikmati jaringan gas gratis




 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022