Los Angeles (ANTARA) - Hampir 14,8 juta anak di Amerika Serikat (AS) teruji positif COVID-19 sejak awal pandemi, menurut laporan terbaru oleh Akademi Pediatri Amerika (American Academy of Pediatrics/AAP) dan Asosiasi Rumah Sakit Anak (Children's Hospital Association).

Hampir 238.000 kasus COVID-19 pada anak dilaporkan selama empat pekan terakhir. Sekitar 6,9 juta kasus yang dilaporkan tercatat pada 2022, menurut laporan itu.

Untuk pekan yang berakhir 29 September, sebanyak 39.200 kasus COVID-19 pada anak dilaporkan, dan kasus COVID-19 pada anak menyumbang 15,2 persen dari semua kasus COVID-19 yang dilaporkan di AS.

Tetapi jumlah kasus yang dilaporkan kemungkinan merupakan "jumlah yang lebih kecil secara substansial" dari total kasus COVID-19, menurut laporan itu.

Terdapat kebutuhan untuk mengumpulkan lebih banyak data spesifik dari segi usia untuk menilai tingkat keparahan penyakit yang berkaitan dengan varian-varian baru serta potensi dampak jangka panjangnya, kata AAP.

"Penting untuk mengetahui apakah ada dampak langsung dari pandemi terhadap kesehatan anak-anak, namun yang terpenting adalah kita perlu mengidentifikasi dan mengatasi dampak jangka panjang terhadap kesehatan fisik, mental, dan sosial dari generasi anak-anak dan remaja ini," demikian AAP dikutip Rabu.


Baca juga: Biden sebut pandemi COVID-19 berakhir meski kematian terus terjadi

Baca juga: Target vaksinasi 'booster' COVID-19 di AS belum tercapai 100 persen

Baca juga: WSJ: Pemerintah AS akan alihkan beban biaya COVID-19 ke warga

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022