Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat terdapat 1.337 jurnalis yang sudah mendaftar untuk meliput Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada November 2022.

"Hingga 30 September 2022 pukul 08.00 WIB, sudah ada 1.337 jurnalis dari 215 media yang telah melakukan pendaftaran melalui website G20. Pengambilan ID para awak media dapat dilakukan pada 10 s.d. 15 November 2022 di Hotel Courtyard," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat Rapat Koordinasi Penyelenggaraan KTT G20 di Bali, dalam siaran pers diterima Rabu.

Visa bagi jurnalis asing, sesuai dengan acuan yang disepakati Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, menggunakan mekanisme B211A setelah mendapatkan rekomendasi dari kementerian dan lembaga terkait.

"Visa B211A berlaku bagi mereka yang akan mengunjungi Indonesia untuk tujuan kegiatan resmi pemerintah, pariwisata, kegiatan sosial dan budaya, olahraga, kegiatan bisnis dan komersial, kunjungan keluarga, kegiatan jurnalistik atau transit tanpa membutuhkan penjamin sebagai sponsor," kata Menteri Johnny.

Bagi jurnalis yang dibawa oleh kepala negara atau official traveling press (OTP), terdapat fasilitasi berupa perpanjangan masa registrasi dan visa dinas dari Kementerian Luar Negeri.

Menurut Menteri Johnny, delegasi OTP biasanya menyiapkan pusat informasi (media center) khusus di hotel tempat mereka menginap, berbeda dengan media center yang disiapkan oleh Kementerian Kominfo.

Kementerian Kominfo menyiapkan media center untuk jurnalis yang meliput KTT G20, terletak di Bali International Convention Center (BICC), Hotel Westin, Nusa Dua.

Ruangan berkapasitas 1.500 orang ini beroperasi pada 13 sampai 17 November 2022.

"Selama kegiatan KTT G20 berlangsung, Bapak Presiden Joko Widodo akan menyampaikan delapan kali media briefing setelah tiap-tiap sesi pertemuan selesai. Venue Media Briefing akan disiapkan di sekitaran Lobby Hotel Apurva," kata Johnny.

Media center itu terdiri dari dua lantai, terdiri dari ruang Workstation di Mangapura Hall, Conference Room di auditorium dan Viewing Room di Nusantara.

Baca juga: Kepala BNPB pastikan kesiapan hadapi bencana jelang KTT G20

Baca juga: Tinjau persiapan KTT G20 di Bali, Luhut: Sudah paten

Baca juga: Polda Bali ajak masyarakat jaga kamtibmas jelang KTT G20

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022