Badung, Bali (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kesiapan skenario alur dan proses kedatangan para delegasi World Conference on Creative Economy (WCCE) di Gedung VIP 3 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Ia memastikan kedatangan para delegasi berjalan lancar sehingga dapat memberikan kesan yang baik bagi para delegasi yang akan hadir dalam pelaksanaan WCCE yang pada 5-7 Oktober 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

"Kita pastikan kesiapan kedatangan dari rangkaian event G20, setelah World Tourism Day pekan lalu dan minggu ini kita akan mengadakan WCCE yang menjadi side event terakhir G20 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan resmi yang diterima di Mangupura, Rabu.

Menurut dia, kesiapan bandara sangat penting untuk memberikan kesan pertama bagi para delegasi yang merupakan para menteri/wakil menteri/duta besar/senior officials sejumlah negara sehingga para delegasi yang datang merasakan keramahan yang menjadi salah satu keunggulan Indonesia.

Untuk memastikan kesiapan Bandara Bali, Sandiaga juga telah meninjau sejumlah lokasi mulai dari area kedatangan, konter imigrasi, lounge hingga loading dock yang disiapkan untuk delegasi dari berbagai negara.

Baca juga: Sandiaga katakan 25 maskapai internasional layani penerbangan ke Bali

"First imprestion menjadi sesuatu hal yang penting, dengan disambut dengan keramahtamahan kita, hospitality Indonesia khas Bali," kata dia.

Sandiaga menambahkan pelayanan prima yang diberikan nantinya juga harus berlanjut hingga kepulangan para delegasi WCCE ke negara asal.

WCCE merupakan forum pertemuan internasional antar berbagai pemangku kepentingan untuk bertukar pikiran dan pengalaman, menyusun panduan kebijakan, serta mewujudkan kerja sama konkret dalam ekonomi kreatif.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh delegasi dari 50 negara dan juga sejumlah organisasi internasional.

"Harapannya mereka bisa aman dan nyaman tiba di Bandara Ngurah Rai Bali dan bisa difasilitasi sampai ke hotel. Pada 6 Oktober 2022, WCCE akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dimana kita menyiapkan roadmap untuk kebangkitan yang ditopang ekonomi kreatif yang berpihak kepada UMKM dan membuka peluang pembiayaan,” ungkap dia.

Baca juga: Menparekraf ajak investor Singapura investasi sektor pariwisata

Baca juga: Sandiaga ungkap potensi wisata kapal pesiar ke Indonesia

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022