Ramainya pengunjung itu berdampak pada larisnya makanan dan minuman yang dijual para pelaku UMKM. Mereka sampai kewalahan karena ribuan pengunjung datang dan penuh sekali
Surabaya (ANTARA) - Kegiatan Rekreasi Kader Suroboyo Hebat bareng Cak Eri dan Ning Rini atau biasa disebut "Rek Ayo Rek" ikut meramaikan wisata Adventure Land Romokalisari Surabaya yang baru diluncurkan pada akhir September 2022 lalu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti di Surabaya, Rabu, mengatakan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya Rini Indriyani akhir-akhir ini mengajak ribuan Kader Surabaya Hebat (KSH) berwisata di Adventure Land Romokalisari melalui acara Rek Ayo Rek itu.

"Ramainya pengunjung itu berdampak pada larisnya makanan dan minuman yang dijual para pelaku UMKM. Mereka sampai kewalahan karena ribuan pengunjung datang dan penuh sekali," kata Antiek.

Ia menjelaskan sebelum Adventure Land Romokalisari diluncurkan pada akhir September lalu, para pelaku UMKM hanya mampu mendapat omzet Rp300 ribu sampai Rp500 ribu saja, namun saat ini meningkat hingga mencapai Rp2 juta sampai Rp7,5 juta dalam satu hari.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya optimistis bahwa alternatif wisata di bagian barat Kota Surabaya ini mampu menjadi bagian dalam program pemulihan ekonomi di Kota Pahlawan pascapandemi COVID-19.

Dia menjelaskan, dari acara Rek Ayo Rek, di stan UMKM dan olahan ikan, mereka bisa mendapatkan pendapatan berkisar dari Rp2 juta sampai Rp7 juta dalam satu hari.

Lalu tiket wahana juga diserbu oleh pengunjung, di mana dalam satu hari mampu meraup Rp5 juta-Rp6 juta dengan didominasi wahana perahu kano, tunggang kuda, dan ATV.

Sejumlah wahana di Adventure Land Romokalisari di antaranya adalah taman bermain (playground), mini zoo (kebun binatang mini), arena berkuda, Motor ATV (All Terrain Vehicle), kano dan sekoci dengan menyusuri mangrove hingga jetski.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan, setelah Romokalisari Adventure Land diresmikan, acara Rek Ayo Rek dialihkan ke wisata tersebut. Dia bersyukur karena KSH yang merupakan warga Surabaya bisa merasakan langsung wahana wisata petualangan itu.

"Semoga menjadi destinasi dan jujukan wisata warga Surabaya dan luar Surabaya, wisatawan lokal dan internasional," katanya.

Ia menjelaskan sengaja mengajak KSH untuk rekreasi dan bersenang-senang di tempat wisata Surabaya karena dia sadar bahwa pemerintah itu tidak bisa berjalan sendirian. Menurut dia, Pemkot Surabaya ingin dekat dengan masyarakatnya.

"Nah, salah satu pendekatan yang kami lakukan agar ada sinergi yang kuat antara lurah, camat dan warganya, maka KSH ini berkumpul di tempat itu. Jadi, tidak hanya berpikir tentang pekerjaan saja, tapi berbagi kebahagiaan juga penting," demikian Eri Cahyadi.

Baca juga: Wisata jet ski di pesisir Romokalisari Surabaya dibuka Januari 2022

Baca juga: Arek-Arek Suroboyo apresiasi diskusi kepahlawanan LKBN Antara

Baca juga: Komunitas RAR bagikan ribuan takjil di Surabaya

Baca juga: Demonstrasi tolak revisi UU KPK digelar "Aliansi Arek Suroboyo"


 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022