Jakarta (ANTARA) - Pakar pendidikan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Agus Sartono mengatakan kegiatan pramuka perlu terus diperkuat, karena memberikan manfaat positif bagi pembentukan karakter generasi muda.

"Kegiatan pramuka perlu terus diperkuat, karena mendukung pembentukan karakter sejak usia dini. Hal ini diperlukan bagi generasi muda yang akan menjadi penerus masa depan bangsa," kata Agus Sartono saat dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Agus Sartono yang pernah menjabat sebagai Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) itu menambahkan dengan mengikuti kegiatan pramuka, talenta anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca juga: Budi Waseso apresiasi Pemda Babel dukung Peran Saka Nasional

"Misalkan, kegiatan jambore atau kemah di alam terbuka, keterampilan tali temali, baris berbaris, kemah, jurit malam, pentas seni di malam api unggun, jelajah rintang alam, dan kegiatan pramuka lainnya, merupakan kegiatan yang sarat akan makna," katanya.

Melalui berbagai aktivitas yang dijalani dalam kegiatan pramuka, kata dia, akan membentuk karakter dan kebiasaan-kebiasaan positif yang nantinya  menjadi bekal bagi seorang anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

"Kegiatan pramuka juga sarat akan nilai-nilai gotong royong, kepemimpinan, kejujuran, serta toleransi. Nilai-nilai ini sangat penting untuk ditanamkan kepada anak-anak dan remaja calon penerus bangsa," katanya.

Prof Agus menambahkan kemajuan bangsa sangat ditentukan oleh upaya yang dilakukan saat ini untuk mempersiapkan anak-anak dan remaja agar menjadi generasi berkualitas unggul.

Baca juga: 41 anggota pramuka kota Tangerang ikuti jambore dunia di Korsel

Baca juga: Ketua Kwarnas Pramuka harapkan peserta Jambore jadi pemimpin bangsa


"Kegiatan pramuka merupakan salah satu bentuk investasi pada anak-anak dalam membentuk generasi unggul dan berkualitas," katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri mengatakan anggota Pramuka adalah sumber daya manusia Indonesia yang memiliki nilai-nilai etos kerja, gotong royong dan semangat persatuan yang tinggi.

Kemenko PMK, kata dia, mendorong seluruh anggota Pramuka untuk terus mengasah kemampuan, keterampilan, serta jiwa kepemimpinan.

"Karena anggota Pramuka adalah calon-calon generasi penerus bangsa, perlu meningkatkan jiwa kepemimpinan dan menjadi contoh bagi sebayanya," katanya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022