Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) menginginkan pergelaran Integrated Techhnolgy Event (ITE) 2022 dapat menjadi momentum untuk menumbuhkan konsep kota pintar atau smart city di seluruh Indonesia.

"Harapannya kita, bukan hanya sepuluh, dua puluh, kalau perlu seluruh kota di Indonesia (menjadi) kota cerdas," kata Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal di Jakarta Rabu.
 
Ia berharap pergelaran tersebut menjadi titik balik untuk mengoptimalkan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pengelolaan perkotaan dalam rangka mewujudkan pelayanan perkotaan yang efektif dan efisien.

Baca juga: Kemendagri minta daerah fokus anggarkan penanganan inflasi
 
Pergelaran tersebut, kata dia, dilaksanakan sebagai forum dan ekspo teknologi internasional bagi sektor berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK), kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI), internet of thing (IoT), serta untuk memenuhi kebutuhan informasi dan bisnis terkait solusi maupun penyediaan kota cerdas.

"Acara ini untuk mendukung pengelolaan sistem manajemen dan teknologi air bersih, pengelolaan persampahan, limbah, dan sistem transportasi cerdas," ujarnya.
 
Adapun ITE 2022 digelar secara fisik yang terdiri atas Pameran Indo Water, Indo Waste, dan Indo Energy, serta Indonesia International Smart City (IISMEX) 2022 Expo & Forum. Acara tersebut berlangsung dari 5 hingga 7 Oktober 2022 di JCC, Jakarta.

Baca juga: Kemendagri: Perpanjangan PPKM level 1 seluruh daerah hingga 7 November
Baca juga: Kemendagri: Penting tingkatkan kompetensi aparatur biro hukum
 
Selain itu, ITE 2022 menghadirkan lebih dari 200 peserta pameran dari 19 negara dengan estimasi pengunjung lebih dari 10.000 orang.
 
Di samping eksibisi, pergelaran ITE 2022 menginisiasi forum-forum profesional yang akan menghubungkan pemerintah pusat, para kepala daerah, baik gubernur, wali kota, maupun bupati dengan para pelaku teknologi solusi dan referensi dari berbagai ahli maupun praktisi.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022