Jakarta (ANTARA) - PT Teknologi Karya Digital Nusa (PT TKDN) bekerja sama dengan Karoseri New Armada untuk memperkenalkan teknologi keselamatan TAM Fleet (TKDN Advance Mobility Fleet) dalam gelaran Busworld Southeast Asia pada 5-7 Oktober 2022 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Melalui kerja sama itu, fitur TAM Fleet akan terpasang di unit bus milik New Armada, meliputi perangkat IoT MDVR, CCTV, Blind Spot Detection, Advance Driver Assistant System, Driver Safety Monitoring, Multi Touch panel, dan Blackbox.

Masing-masing perangkat akan terintegrasi dalam sistem solusi manajemen transit dan dilengkapi IoT sebagai peranti sensor dan pengawasan guna meningkatkan keselamatan armada, penumpang dan pengemudi.

Baca juga: TKDN hadirkan perangkat TAM Fleet berteknologi IoT di bus listrik MAB

“PT TKDN mendukung pentingnya keselamatan armada demi peningkatan kualitas layanan melalui pemanfaatan teknologi berbasis IoT dan AI yang terintegrasi,” kata Direktur Utama PT TKDN David Santoso dalam siaran resmi, Rabu.

Salah satu perangkat yang dipamerkan dalam gelaran itu adalah Driver Safety Monitoring (DSM) yang dapat memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Ada juga perangkat Blind Spot Detection yang menggunakan 3D depth camera with AI yang mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan di sekitar armada dengan keakuratan mencapai 95 persen sehingga dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Perangkat lain dari TAM Fleet seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) bahkan dapat memberikan peringatan awal jika kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan ataupun jika terjadi potensi tabrakan depan.

Adapun jenis bus New Armada yang memakai perangkat keselamatan TAM Fleet adalah Citouro Medium City Bus. TKDN juga telah menjalin kerja sama dengan karoseri Tentrem dan Adiputro.

“Kami berharap kerja sama ini semakin memperkuat New Armada dalam kontribusinya meningkatkan kualitas layanan yang dapat berdampak pada hidup masyarakat Indonesia,” kaya Managing Director New Armada Charles Hugo Wahyadiyatmika.

Baca juga: TKDN bekali Trans Jatim dengan perangkat keselamatan TAM Fleet

Baca juga: TKDN gelar "showcase" teknologi sistem transportasi jelang G20 Bali

Baca juga: PT TKDN kerja sama IoT keselamatan bus dengan karoseri Indonesia
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022