Nagan Raya (ANTARA) - Kementerian Keuangan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu penanganan erosi sungai di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, senilai Rp20 miliar.

“Bantuan ini sesuai usulan dari Pemerintah Kabupaten Naga Raya,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya Irfanda, di Nagan Raya, Rabu.

Baca juga: BPBD Aceh Barat salurkan bantuan untuk korban erosi sungai

Ia mengatakan, lokasi yang menjadi fokus perbaikan erosi di Kabupaten Nagan Raya di antaranya meliputi kawasan di Desa Gelanggang Gajah, Kecamatan Darul Makmur, di Desa Drien Tujoh, Kecamatan Tripa Makmur, dan di Desa Padang Rubek, Kecamatan Kuala Pesisir.

Irfanda mengatakan proses perencanaan penanganan tiga titik longsor tersebut telah dilakukan, dan saat ini pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait teknis pelaksanaan kegiatan di lapangan.

Baca juga: Mentan ajak masyarakat konservasi lahan cegah erosi

Menurut dia, tiga lokasi yang menjadi lokasi fokus penanganan tersebut dilakukan khusus untuk penanganan erosi yang selama ini sangat meresahkan masyarakat, serta telah dilakukan verifikasi untuk dilakukan perbaikan.

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya juga berharap kepada pemerintah pusat agar sisa lokasi erosi yang selama ini telah diajukan ke BNPB diharapkan dapat ditangani pada tahun 2023.

Baca juga: DPRA minta pemerintah pusat tangani erosi jembatan Peuribu Aceh Barat

“Sehingga nantinya persoalan erosi yang selama ini menjadi perhatian pemerintah daerah, dapat segera tertangani dengan baik, agar masyarakat di Nagan Raya tidak mengalami musibah banjir saat musim hujan tiba,” demikian Irfanda.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022