Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali resmi membuka gelaran turnamen mini soccer antar-wartawan dari media nasional bertajuk Media Cup 2022 di Jakarta, Kamis, memperebutkan Piala Menpora.

“Media Cup 2022 kita mulai lagi, saya tentu senang di tengah kita sedang berduka tetapi teman-teman awak media tetap bersemangat menggelar turnamen,” ucap Zainudin saat membuka Media Cup 2022 di Jakarta, Kamis.

“Pemerintah berharap teman-teman bisa mengawal khususnya cabor sepak bola untuk kita dorong agar maju, berkembang, dan lebih baik, baik dari tata kelola, pengembangan maupun kompetisi termasuk bagaimana kita harus mengedukasi para suporter,” ujarnya menambahkan.

Media Cup 2022 digelar atas inisiasi PSSI Pers meneruskan turnamen sebelumnya yang bertajuk Turnamen Invitasi PSSI Pers yang terakhir kali digelar pada 2018. Setelah vakum selama hampir empat tahun, PSSI Pers kembali menggelar turnamen antar-wartawan, tapi kali ini dengan format berbeda.

Baca juga: PSSI Pers gelar Media Cup 2022 perebutkan Piala Menpora

Pada edisi 2018, tim-tim yang bertanding adalah tim antar-organisasi wartawan. Sementara pada tahun ini, peserta yang berkompetisi membawa nama instansi media masing-masing. Ada 16 media nasional yang akan bersaing untuk memperebutkan Piala Menpora sekaligus hadiah uang total Rp28 juta.

“Saya tadi sudah usulkan supaya ini jangan hanya turnamen tapi jadi kompetisi supaya panjang karena ini ajang komunikasi dan silaturahmi sesama teman-teman yang bekerja di bidang media. Jadi mereka bisa sering bertemu sehingga banyak informasi dan banyak hal yang bisa dibagi dan didiskusikan,” katanya menambahkan.

“Saya berjanji akan memberikan dukungan penuh. Saya sudah menawarkan panitia segera persiapkan untuk kompetisi. Jadi ini kira-kira sebagai turnamen pramusim untuk memasuki kompetisi,” kata Menpora menegaskan.

Media Cup 2022 yang pada pembukaan dihadiri perwakilan dari PSSI dan sejumlah sponsor mulai PStore, Aice, Mills, PT Liga Indonesia Baru, BRI hingga Hydro Coco itu juga mengusung tagline #juarabersamapemuda. Selain itu juga disematkan #prayforkanjuruhan.

Menpora Zainudin Amali secara simbolis memakaikan pita hitam ke ketua pelaksana, Abdul Azis. Peserta turnamen juga bertanding dengan menggunakan pita hitam dan mengheningkan cipta sebelum pertandingan.

Baca juga: Menpora minta PSSI perbaiki sistem kompetisi Liga Indonesia

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022