Jakarta (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan business matching yang digelar dalam rangkaian Road to Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF ) 2022 telah menghasilkan omzet Rp9,43 triliun untuk para pesertanya.

“Rangkaian kegiatan Road to ISEF telah menghasilkan capaian yang Insya Allah penuh keberkahan. Kita lakukan business matching dan showcasing international yang diikuti lebih dari 372 ribu peserta dengan omzet yang dihasilkan mencapai Rp9,43 triliun,” katanya dalam Opening Ceremony ISEF 2022 di Jakarta Convention Center, Kamis.

Ia menyebut Road to ISEF 2022 sudah dimulai sejak April 2022 melalui tiga festival syariah di Sulawesi Salatan, Aceh, dan Jawa Timur dengan tema yang sesuai dengan Presidensi G20 Indonesia, “Recover Together Recover Stronger: Optimizing Syariah Economy and Finance for Inclusive Recovery”.

ISEF 2022 juga memiliki tiga topik bahasan utama, yakni ekonomi syariah inklusif yang diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat, gaya hidup halal dan hijau, serta digitalisasi agar ekonomi-keuangan syariah di Indonesia bertaraf internasional tanpa meninggalkan masyarakat.

“Kita menghadirkan tiga hal spesial di ISEF ke-9 tahun 2022 ini, antara lain penyelenggaraan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) dimana ada 163 desainer yang kita hadirkan untuk 17 kegiatan dengan 1.256 karya,” ucapnya.

Apabila dilakukan tiga tahun berturut-turut, Perry meyakini bahwa IN2MOTIONFEST akan menjadi festival internasional fashion sopan terbesar di dunia.

Pemerintah juga mengakselerasi sertifikasi halal di Indonesia melalui ISEF 2022 agar pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mudah mendapatkan sertifikat halal.

Eksosistem global halal hub yang merupakan wadah pengembangan produk halal lokal berorientasi global juga terus diperkuat guna menjadikan Indonesia pusat rempah dan makanan halal dunia.

“Kami juga sudah mengadakan beberapa FGD (Focus Group Discussion) dan high level meeting dan sepakat untuk memperkuatnya, termasuk melalui pembuatan road map halal hub dan penguatan peran agregator mendukung UMKM produk halal,” ucapnya.

Baca juga: BI bersama K/L berkomitmen perkuat ekosistem Global Halal Hub
Baca juga: MUI sebut transaksi digital perlu diawasi agar tak langgar hukum Islam
Baca juga: Menperin: Penghargaan industri halal perkuat ekosistem ekonomi syariah

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022