mengundang para profesor purnabakti dari berbagai perguruan tinggi terbaik
Lampung Selatan (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) meluncurkan Program Profesor NIDK education patriot (EduPatriot) sebagai upaya percepatan peningkatan mutu akademik perguruan tinggi tersebut pada Dies Natalis ke-8 dengan tema "Menata Harmoni, Meniti Mandiri"

"Profesor NIDK EduPatriot ni merupakan upaya kami meningkatkan kualitas dan mutu akademik, dengan mengundang para profesor purnabakti dari berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M.Si., di Lampung Selatan, Kamis.

Ia mengatakan dengan program yang diluncurkan tersebut para profesor purnabakti bisa ikut andil membangun pendidikan di Itera dengan mendidik hingga menginsiprasi tunas bangsa melalui berbagai bidang kepakaran yang dimiliki.

Baca juga: Itera-Universitas Malaysia Perlis kerja sama pengembangan pendidikan
Baca juga: Itera ajak masyarakat Totokan manfaatkan energi biogas kotoran sapi

Nantinya, lanjut dia, para profesor yang telah purnabakti itu akan mendapatkan Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) guna ditugaskan di kampus ini.

"Dalam dua tahun ke depan Itera menargetkan memiliki 50 profesor yang mengikuti program education patriot (EduPatriot) guna membina dosen-dosen muda Itera untuk melakukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” kata dia.

Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, berharap dengan program ini ke depan dapat terjalin interaksi yang sangat baik dari para guru besar dan dosen muda di perguruan tinggi ini.

Sehingga, lanjut dia, proses peningkatan mutu akademik di kampus ini akan lebih cepat terwujud. Dengan begitu pula para dosen di Itera yang ada sekarang ini dapat segera menjadi guru besar.

"Oleh karena itu, mohon dukungan dari seluruh pihak, terutama para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia dalam menyukseskan program Profesor NIDK EduPatriot ini,” kata dia.

Baca juga: Itera gelar ujian seleksi khusus empat program studi baru
Baca juga: Mahasiswa Itera raih medali perunggu di ajang kompetisi UNY
Baca juga: 4.860 mahasiswa baru Itera lakukan gerakan tanam pohon

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022