SAI20 mempertimbangkan perlunya pengembangan kerangka sustainable reporting untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas program pemerintah menuju greener economy
Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI selaku Chair of Supreme Audit Institution 20 (SAI20) Isma Yatun menyampaikan kolaborasi antara Parliamentary20 (P20) dan SAI20 penting untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas program pemerintah menuju green economy.

“SAI20 mempertimbangkan perlunya pengembangan kerangka sustainable reporting untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas program pemerintah menuju greener economy,” kata Isma Yatun dalam sambutannya di acara The 8th G20 Parliamentary Speaker’s Summit (P20), melalui keterangan resmi, di Jakarta, Kamis.

Selain itu, sebagai engagement group G20 yang baru, dia mengatakan SAI20 juga ingin berkontribusi kepada komunitas G20 untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Kolaborasi ini penting untuk memastikan pemetaan yang komprehensif dan koherensi program dan kebijakan pemerintah untuk pembangunan berkelanjutan,” kata Isma Yatun.

Sebagai bukti kontribusi terhadap SDGs, Isma Yatun menjelaskan BPK RI telah melakukan pemeriksaan atas upaya pemerintah mengurangi emisi gas rumah kaca di sektor transportasi, mengintegrasikan transportasi perkotaan, dan menerapkan upaya konservasi energi.

Menurut dia, hal ini sejalan dengan langkah Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dalam mendukung mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang mengusulkan RUU Energi Baru dan Energi Terbarukan.

Dengan itu, dia berharap P20 menjadi pencapaian penting untuk berkontribusi lebih ekstensif terhadap komunitas global.

P20 merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada awal Oktober 2022 di Gedung DPR RI di Senayan, DKI Jakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi: Konferensi P20 menambah optimisme baru

Baca juga: Ketua DPR: P20 berkontribusi menyelesaikan tantangan global

Baca juga: Puan sebut tujuh isu strategis diangkat dalam pertemuan P20

Baca juga: Jokowi ajak parlemen G20 jadi solusi tantangan global

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022