Kehadiran platform pasar digital yang sesuai syariah
Jakarta (ANTARA) - Shopee memperkenalkan tampilan baru platform Shopee Barokah untuk menggiatkan gaya hidup Islami, menyediakan produk-produk halal yang telah dikurasi.

Direktur Shopee Barokah, Bukhori Muslim, dalam konferensi pers daring, Jumat, mengatakan pihaknya bangga jadi bagian dari upaya meningkatkan produk halal di Indonesia.

"Kami bangga Shopee Barokah jadi rumah produk halal dan media untuk membantu memenuhi kebutuhan umat Islam sebagai gaya hidup Islami," kata Bukhori.

Baca juga: Shopee dukung UMKM batik nasional untuk ekspor

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, Bukhori mengatakan tentunya merupakan hal logis bila produk-produk halal juga banyak diproduksi di Indonesia yang pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan negara. Berdasarkan data sebuah survei, kata dia, potensi tersebut bisa menaikkan pendapatan hingga 5 miliar dolar AS.

"Karena potensi yang sangat besar itulah Shopee Barokah sebagai platform ingin jadi katalisator yang menghubungkan pihak UMKM yang memproduksi dengan orang-orang yang membutuhkan barang," katanya.

Selain mendukung kebutuhan ibadah, platform ini menjadi rumah bagi produk-produk halal dari pengusaha lokal, sejalan dengan komitmen untuk mendukung akses digitalisasi yang merata bagi para pengusaha lokal termasuk UMKM.

Untuk kenyamanan umat Muslim, transaksi yang dilakukan di dalam platform Shopee Barokah juga dipastikan sesuai dengan prinsip Islam.

"Kami berharap, pembaruan platform Shopee Barokah ini dapat memberikan kemudahan bagi pengguna sekaligus mendukung perkembangan industri Halal di Indonesia,” jelasnya.

Baca juga: STAYC sapa penggemar di Indonesia lewat Shopee 9.9

Sebagai bagian dari pembaruan ini, Shopee Barokah hadir dengan tampilan dan fitur terbaru. Logo baru Shopee Barokah menggabungkan gambar masjid dengan ikon bulan sabit dan bintang sebagai simbol kemuliaan Islam.

Beberapa komitmen Shopee Barokah sebagai platform untuk pengguna Muslim meliputi jaminan produk halal berdasarkan sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Penjual dan pembeli bertransaksi menggunakan skema akad dan pembayaran yang disesuaikan dengan prinsip Islam, seperti COD, ShopeePay, Transfer Bank, Debit Langsung, dan Bayar Tunai di Mitra/Agen.

Shopee juga bekerja sama dengan berbagai mitra strategis dalam mengembangkan ekosistem penunjang kebutuhan Islami untuk mendorong perkembangan industri halal di Indonesia.

Baca juga: Cara Shopee siapkan UMKM unggul dan berjaya di pasar global

Fitur terbaru dalam platform ini meliputi fitur penunjang untuk beribadah sehari-hari, yakni Al Quran digital dan jadwal shalat.

Selain itu, pengguna juga bisa dengan mudah beramal karena ada fitur untuk pembayaran zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF). Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Prof. Dr. KH. Abu Rokhmad MA menjelaskan peran Shopee Barokah sebagai katalis pertumbuhan industri halal di Indonesia.

“Kehadiran platform pasar digital yang sesuai syariah, murah, dan pasti barokah seperti Shopee Barokah akan menjadi terobosan penting dalam upaya untuk menggerakkan ekonomi syariah," kata Abu Rokhmad.

Baca juga: Sempurnakan gaya hidup halal, ini fitur baru Shopee Barokah

Baca juga: Jokowi temui UMKM Bali yang ekspornya menembus tujuh negara

Baca juga: Omzet naik 200 persen, intip kiprah pengrajin asal Bali bersama Shopee

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022