Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda Indonesia Bernard Van Aert bertolak ke Prancis, hari ini, untuk mengikuti UCI Track World Championships 2022 atau Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Trek di Saint-Quentin en Yvelines, 12-16 Oktober.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) Parama Nugroho mengonfirmasi kepada ANTARA, Jumat, Bernard berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 17:55 WIB.

Pesepeda 25 tahun ditemani Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo dan Projo Waseso sebagai asisten pelatih.

Bernard mengukir sejarah sebagai pebalap Indonesia pertama yang murni lolos kualifikasi Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Trek untuk 24 slot nomor Men's Elite Omnium.

Sepanjang musim 2022, Bernard yang berusia 25 tahun ini tampil impresif, khususnya untuk nomor Omnium sehingga menempatkannya di peringkat 14 dunia dengan mengantongi 1.310 poin.

Pencapaian terakhir meraih medali perak di nomor Men's Elite Omnium Track Asia Cup 2022 atau Piala Asia Cup di Suphan Buri, Thailand, 26-30 Agustus.

Sebelum di Thailand, pebalap sepeda 25 tahun itu juga meraih prestasi serupa dengan finis di posisi kedua dalam seri UCI Track Nations Cup 2022 di Cali, Kolombia pada 7-10 Juli.

Baca juga: Hasil Bernard di Kolombia jadi modal menuju Kejuaraan Dunia Trek 2022

Selain itu, Bernard juga masuk lima besar dalam ajang Elite and Junior Asian Track Cycling Championships yang bergulir di New Delhi, India pada 18-22 Juni.

Serangkaian hasil tersebut membuat Bernard berhak tampil di Kejuaraan Dunia Trek 2022.

"Ini sejarah lagi untuk balap sepeda Indonesia lolos ke Track World Championships melalui poin kualifikasi. Perlu diketahui bahwa pada nomor Omnium hanya ada 24 pebalap yang jadi starter di dunia," kata Dadang kepada ANTARA, belum lama ini.

Baca juga: Bernard Van Aert ukir sejarah lolos kualifikasi Kejuaraan Dunia Trek
Baca juga: Bernard tempati peringkat 14 dunia jelang Kejuaraan Dunia Trek 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022