Jakarta (ANTARA) - Perusahaan properti Sinar Mas Land mengatakan pihaknya menghadirkan transportasi publik ramah lingkungan bernama "BSD Link Electric Bus" yang akan beroperasi di wilayah township BSD City, Tangerang Selatan, Banten.

Bus tersebut merupakan produksi dari Tiongkok dengan merek dagang Skywell tipe NJL6730BEV. Pengadaan bus listrik ini merupakan kerja sama antara Sinar Mas Land bersama PT Eka Sari Lorena Transport Tbk dengan total nilai investasi Rp3,8 miliar.

"Pengoperasian bus listrik di kawasan BSD City merupakan salah satu komitmen Sinar Mas Land dalam mewujudkan kota pintar berenergi hijau yang menerapkan aspek teknologi di setiap proyek pembangunannya," kata Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: DFSK dan Transjakarta uji coba Gelora E untuk angkot JakLingko

Dony mengatakan "BSD Link Electric Bus" akan menghubungkan landmarks BSD City sehingga penghuni dan masyarakat umum akan sangat dimudahkan dengan layanan transportasi publik.

"Kendaraan cerdas bertenaga listrik ini telah digunakan di berbagai negara maju dan diproyeksikan sebagai transportasi publik masa depan karena sangat ramah terhadap lingkungan," imbuhnya.

BSD Link Electric Bus memiliki penggerak listrik dan battery pack Lithium Iron Phosphate (LiFePo4) berkapasitas 114 kWh dengan proses pengisian daya selama 2 jam. Bus listrik ini mampu menempuh perjalanan sejauh 180 km dan kecepatan maksimal hingga 50 km/jam.

Baca juga: Bus listrik UI siap beroperasi di jalur Transjakarta

BSD Link Electric Bus berdimensi 7,3 m x 2,1 m dengan kapasitas 17 kursi serta 13 hand grip sehingga dapat membawa 30 penumpang. Bus listrik ini juga dilengkapi dengan CCTV, face recognition temperature, hingga USB port di kabin bus yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mengisi baterai ponsel.

Bus akan beroperasi setiap Senin hingga Minggu pukul 07.00-19.35 WIB. Bus listrik ini memiliki 6 rute pemberhentian dengan pin awal di Terminal Intermoda – ICE – Qbig – Ara Rasa – The Breeze 1 – Digital Hub – Terminal Intermoda yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam. Menurut perusahaan, masyarakat umum dapat mencoba bus listrik ini secara gratis dan tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

Baca juga: UI serahkan "Policy Brief" dan bus listrik guna dukung Presidensi G20

Baca juga: Pemerintah DKI-swasta kolaborasi ekosistem EV dorong percepatan KBLBB

Baca juga: Pemerintah perlu dorong kendaraan listrik untuk transportasi umum
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022