Jakarta (ANTARA) - Pebalap Prancis Pierre Gasly akan meninggalkan AlphaTauri untuk berlabuh ke tim Alpine mulai musim depan, mengisi bangku yang ditinggalkan juara dunia dua kali Fernando Alonso.

Sementara itu, pebalap Belanda Nyck de Vries, yang menjalani debut F1 di GP Italia bulan lalu sebagai pengganti Alex Albon dari tim Williams, akan menggantikan Gasly di tim junior Red Bull itu.

Setelah dilepas oleh AlphaTauri meski punya kontrak hingga 2023, Gasly, yang telah menjadi bagian jajaran pebalap Red Bull menjalani debutnya di F1 dengan Toro Rosso pada 2017, akan menjadi tandem Esteban Ocon di Alpine.

Pebalap berusia 26 tahun itu mengaku kesempatan bergabung dengan tim asal Prancis itu sangat special.

"Apa yang memotivasi saya adalah perkembangan Alpine selama tiga tahun terakhir, performa mereka meningkat dengan konstan," kata Gasly dikutip AFP.

"Mereka untuk pertama kali memenangi balapan pada tahun lalu dan musim ini merek bertarung untuk peringkat empat. Mereka memiliki paket yang lengkap dan ambisi serupa dengan saya."

Baca juga: McLaren menangi sengketa kontrak dengan Alpine untuk dapatkan Piastri

Ocon memenangi GP Hungaria tahun lalu untuk memberikan Alpine kesuksesan pertama mereka.

Alonso (41) akan meninggalkan Alpine menuju Aston Martin menyusul kontrak berdurasi multitahun, mengisi bangku yang ditinggalkan juara dunia empat kali Sebastian Vettel yang bakal pensiun pada akhir musim.

Gasly sangat senang dan tak sabar lagi untuk menjalani petualangan baru dengan Alpine.

"Sebagai pebalap, hal paling penting adalah berada di mobil yang memungkinkan Anda menunjukkan talenta terbaik Anda," kata dia.

"Saya rasa dengan Alpine, saya akan memiliki peluang untuk tampil lebih baik."

Gasly akan digantikan oleh de Vries, juara dunia Formula 2 dan Formula E.

"Saya memiliki banyak peluang untuk merasakan mobil 2022 tahun ini dan saya rasa itu telah menempatkan saya di posisi yang sangat baik untuk musim yang akan datang," kata de Vries.

"Semoga ini membantu saya mempersiapkan diri untuk apa yang akan datang."

Baca juga: Logo Honda kembali hiasi mobil Red Bull dan AlphaTauri mulai GP Jepang
Baca juga: Verstappen kejar gelar juara dengan pole position di Suzuka

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022