Jakarta (ANTARA) - Bagi Shanty, Hong Kong adalah rumah kedua yang punya tempat istimewa di hatinya. Setelah menghabiskan 12 tahun di Hong Kong, perempuan yang namanya dikenal sebagai VJ MTV itu berbagi cerita petualangannya di sana serta beberapa tempat favorit yang bisa jadi inspirasi wisata Anda.

Luar ruang yang seru
Sebagai orang yang suka beraktivitas di luar ruangan, aktris "Ini Kisah Tiga Dara" menemukan bahwa Hong Kong memiliki banyak destinasi yang cocok untuk para pendaki dan keluarga yang memiliki anak kecil.

West Kowloon promenade adalah area luar ruangan yang sangat cocok untuk kegiatan bersepeda dan lari, dengan ruang terbuka hijau di mana pengunjung dapat bersantai, bermain, piknik di halaman rumput, menikmati kawasan pejalan kaki tepi laut yang panjang yang sempurna untuk melihat matahari terbenam.

“Kita bahkan bisa membawa alas piknik sendiri dan bersantai sambil mengagumi pemandangan sekitar pelabuhan”, ujar Shanty, dikutip dari siaran resmi Hong Kong Tourism Board, Selasa.

Ketika ditanya tentang tempat hiking favoritnya, dia langsung menunjuk ke Sunset Peak. Ini adalah puncak tertinggi ketiga di Hong Kong dan mudah diakses oleh pejalan kaki.

Dinamakan Sunset Peak karena matahari terbenam di sana, gunung setinggi 869 meter ini menyajikan salah satu pemandangan matahari terbit terbaik di kota.

Ini adalah tantangan yang membutuhkan ketekunan dan sedikit keberuntungan agar cuaca mendukung karena bagian puncak dari Pulau Lantau ini berkabut. Tapi begitu kita sampai di puncak, pemandangannya menakjubkan.

“Saya ingat di awal Desember, kami berangkat dari rumah jam 2 pagi sehingga kami bisa tiba di jalan setapak pada jam 4 pagi. Kami tahu kalau di sana akan dingin, tapi saya tidak membayangkan akan sedingin itu,” ujar Shanty. “Kami mendaki naik dan itu adalah salah satu trek yang menantang. Tapi begitu sampai di puncak, sunsetnya luar biasa, sangat indah,” tambahnya.
Tempat rekomendasi di Hong Kong ala Shanty (ANTARA/HO-Shanty)


Untuk akhir pekan atau hari libur, Shanty merekomendasikan Sai Kung. Sejak abad ke-14, Sai Kung telah menjadi rumah bagi para nelayan dan memiliki berbagai macam hidangan laut segar.

Saat mengunjungi Sai Kung, kita akan disambut dengan hamparan air laut yang biru jernih dan pantai yang tenang. Sai Kung juga merupakan rumah dari situs warisan UNESCO Hong Kong.

“Kami tinggal di sana selama kunjungan kami dan menjelajahi Sai Kung. Saya mendapatkan lisensi menyelam di salah satu sekolah menyelam di sana, melakukan stand up paddling, kayak, wake surfing dan mendaki jalur pendakian MacLehose dan makan makanan laut di Sai Kung,” jelasnya.

Dia juga menikmati Yim Tsim Tsai, sebuah pulau kecil di dekat Sai Kung. “Saya suka memulai perjalanan saya dengan naik kano selama 15 menit ke dermaga Desa Yim Tsim Tsai. Kita bisa mendaki di sekitar area tersebut. Ada banyak situs bersejarah yang menarik di sepanjang jalan, seperti rumah-rumah tua Hakka, museum peralatan rumah tangga dan keramik, ladang garam, dan Kapel St. Joseph,” tambahnya. Karena populasi penduduknya sedikit, Yim Tsim Tsai adalah salah satu destinasi tersembunyi.

Baca juga: Sejumlah wisata akhir tahun dan kuliner di Hong Kong

Baca juga: Batik dan kopi paling diminati di "Indonesian Cultural Day" Hong Kong

Baca juga: Promosi Unversal Studios Beijing tuai kritik

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022