Pamijahan ini termasuk zona merah. Kecamatan Pamijahan ada 15 desa yang termasuk ke dalam zona merah ada empat desa
Bogor, Jabar (ANTARA) - PT Sucofindo melakukan penanaman 1.066 bibit pohon di zona merah bencana banjir dan longsor yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui gerakan "Bakti BUMN untuk Indonesia".

"Kami menanam 1.066 batang berbagai macam pohon dalam rangka mendukung program menanam satu juta pohon BUMN dan partisipasi dalam mendukung pengurangan pemanasan global," ungkap Direktur Utama PT Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi usai simbolis penanaman pohon di Pamijahan, Bogor, Selasa.

Baca juga: Bakti BUMN tanam ribuan pohon di jalan bypass Lombok

Menurutnya, penanaman bibit pohon tersebut merupakan bagian dari program BUMN menanam sejuta pohon di wilayah Indonesia yang diinisiasi oleh Mengeri BUMN Erick Tohir.

"Tujuannya adalah penghijauan dan kemudian konservasi alam. Dan program ini sekaligus ulang tahun Sucofindo ke-66 tahun 22 Oktober. Kegiatan penanaman ini melibatkan pemerintah desa, kecamatan dan Kabupaten Bogor," ujarnya.

Mas Wigrantoro menyebutkan penanaman bibit pohon dilakukan secara serentak di empat lokasi yang ada di Kabupaten Bogor, yakni Desa Situ Udik, Desa Pasarean, Desa Pamijahan dan Desa Gunungsari.

"Dalam penanaman ini dipilih jenis pohon tanaman hutan produktif seperti gaharu, trembesi, damar, tajung, kenari dan pohon bintaro. Selain itu juga tanaman buah yang terdiri pohon manggis, rambutan, alpukat jambu air, mangga dan sawo," papar Mas Wigrantoro

Ia juga melibatkan para milenial yang bekerja di BUMN dalam melakukan penanaman ribuan bibit pohon. Hal itu menurutnya untuk membangun generasi muda yang peduli lingkungan, timbul rasa cinta terhadap alam.

Selain penanaman pohon, kata Mas Wigrantoro, kegiatan dibarengi pemberian bantuan tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada koperasi peternak sapi Bogor yang terdampak wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) dan pemberian sarana air bersih.

Baca juga: Millenial Askrindo ramaikan program Relawan Bakti BUMN

"Kami berharap pohon yang kami tanam pada hari ini dapat dirawat dan menumbuhkan kecintaan kita terhadap lingkungan bentuk investasi terhadap bumi, longsor banjir bisa berkurang, menanam pohon berarti melakukan penyelamatan kita sendiri," tuturnya.
Penanaman bibit pohon di Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/10/2022). (ANTARA/M Fikri Setiawan)


Sementara, Camat Pamijahan, Kabupaten Bogor, Imam Mahmudi menyebutkan bahwa di wilayahnya terdapat beberapa desa yang masuk dalam zona merah bencana banjir dan longsor, salah satunya yaitu wilayah yang saat ini ditanami pohon melalui gerakan "Bakti BUMN untuk Indonesia".

Baca juga: Kementerian BUMN bersama Pegadaian, Jasa Marga dan ITDC luncurkan Program Perdana Bakti BUMN di Mandalika Lombok

"Pamijahan ini termasuk zona merah. Kecamatan Pamijahan ada 15 desa yang termasuk ke dalam zona merah ada empat desa," ujarnya.

Imam pun mengapresiasi upaya pencegahan bencana alam melalui penanaman ribuan bibit pohon yang dilakukan oleh PT Sucofindo.

"Saya sangat mengapresiasi dan bangga sekali, karena membantu penghijauan Pamijahan. Siapa lagi yang menjaga alam kalau bukan kita. Kita jaga alam, alam juga jaga kita," kata Imam.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022