Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota Banjarmasin di Provinsi Kalimantan Selatan menyediakan pos terpadu pelayanan kesehatan jiwa atau Posyandu Keswa bagi warga.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina meluncurkan pos pelayanan kesehatan jiwa yang dinamai Posyandu Keswa BAIMAN di Rumah Singgah Banjarmasin, Jalan Gubernur Soebardjo, Banjarmasin Selatan, Selasa.

Peluncuran pos pelayanan kesehatan jiwa itu merupakan rangkaian kegiatan Jambore Kesehatan Jiwa tahun 2022.

Wali Kota mengatakan, penyediaan Posyandu Keswa merupakan bagian dari upaya pemerintah kota untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa bagi warga Kota Banjarmasin.

"Ini spesial mengingat satu-satunya di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan," katanya.

Menurut Ibnu, Posyandu Keswa juga menyediakan pelayanan bagi anak jalanan, anak terlantar, warga lanjut usia, penyandang disabilitas, serta orang dengan gangguan jiwa.

"Kita harap Posyandu Keswa dapat memberikan pelayanan prima dalam upaya peningkatan derajat kesehatan di Kota Banjarmasin," katanya.

Wali Kota mengemukakan kemungkinan Posyandu Keswa dikembangkan menjadi klinik untuk memperluas cakupan pelayanan.

"Tentu akan kita lakukan pembenahan, Insya Allah pada tahun 2023 mendatang akan dibangun selter, sebab wajar di sebuah kota seperti Banjarmasin dengan berbagai macam problemnya kita punya fasilitas kesehatan jiwa yang memadai," katanya.

"Jikalau memang ingin dijadikan klinik saya rasa juga bisa. Minimal nantinya hal ini bisa menjadi sarana dan prasarana untuk memberikan konsultasi hingga tahap penyembuhan," ia menambahkan.

Saat mengunjungi rumah singgah, Wali Kota menyapa orang dengan gangguan jiwa yang berada di fasilitas tersebut. 

Baca juga:
Psikiater: Waspadai gejala gangguan mental pada anak
Psikiater: Cemas berlebih dan sulit tidur tanda masalah kesehatan jiwa

Pewarta: Sukarli
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022