Alhamdulillah sekarang tidak bocor lagi
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Badan Amil Zakat Infak Sedekah (Baznas Bazis) DKI Jakarta Kepulauan Seribu menuntaskan program bedah 12 rumah warga di daerah itu pada tahun ini dengan anggaran mencapai Rp500 juta lebih. 

"Total bantuan bedah rumah yang diberikan untuk 12 rumah sebesar Rp503.621.000," ujar Koordinator Wilayah Baznas Bazis DKI Jakarta Kepulauan Seribu Ridwan Malik dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Dijelaskan, konsep bedah rumahnya adalah menjadi rumah warga yang kurang layak menjadi layak mengacu pada konsep rumah sehat, yaitu ada ruang tamu, kamar, dapur, kamar mandi, tangki septik dan teras rumah.

Dua belas rumah yang mendapatkan program bedah rumah itu dibagi rata di enam kelurahan di Kepulauan Seribu, masing-masing dua rumah.

Baca juga: Pemkot Jaktim bedah 187 rumah warga kurang mampu pada 2022

Ia merinci, dua rumah di Kelurahan Pulau Kelapa, dua rumah di Kelurahan Pulau Harapan, dua rumah di Kelurahan Panggang, dua rumah di Kelurahan Pari, dua rumah di Kelurahan Pulau Untung Jawa dan dua rumah di Kelurahan Pulau Tidung.

Salah satu warga penerima program, Mindi Supriandi (45) di Pulau Lancang, tepatnya di RT01/RW01 Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan mengaku sebelumnya rumah kurang layak dan atapnya bocor, menjadi memadai untuk ditempati.

Mindi mengucapkan terima kasih kepada Baznas Bazis DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu karena sudah membantu memperbaiki rumahnya.

"Terima kasih sudah membedah rumah yang saya tempati bersama istri dan kedua anak. Alhamdulillah sekarang tidak bocor lagi," kata Mindi.

Baca juga: Baznas anggarkan Rp8,6 miliar untuk bedah rumah di Jakbar

Mindi juga sudah menerima kunci rumah yang sudah selesai dibedah itu dari Bupati Kepulauan Seribu Junaedi.

Junaedi mengatakan program ini untuk memperjuangkan hak yang sama bagi semua masyarakat di Kepulauan Seribu dalam mendapatkan kesetaraan yang sama dengan warga di daratan Jakarta.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022