Semua vegetasi hijau yang kita bangun selalu diselaraskan dengan fungsi sosial
Jakarta (ANTARA) - Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI menyebutkan pembangunan taman di Jakarta yang realisasinya saat ini mencapai 100 taman selalu melibatkan peran masyarakat untuk menjamin terpeliharanya ruang terbuka hijau tersebut dalam jangka panjang. 

"Semua vegetasi hijau yang kita bangun selalu diselaraskan dengan fungsi sosial," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati di Taman Delonix, Jakarta Timur, Rabu.

Suzi juga menyampaikan capaian pembangunan 100 taman itu sudah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022  sebanyak 86 taman.

Terbangunnya ratusan taman tersebut diharapkan menjadi ruang untuk mengurangi pencemaran udara.

Nantinya, pemanfaatan setiap taman melibatkan peran masyarakat agar keberadaan RTH itu bisa dijaga keberlangsungannya.

"Taman maju bersama merupakan konsep RTH kota yang di dalamnya ada kegiatan interaksi warga kota yang mengedepankan pelibatan masyarakat dalam setiap prosesnya," ucap Suzi.

Taman, kata dia, menjadi tempat yang ramah bagi aktivitas dan rekreasi maupun kegiatan olahraga sehingga menyenangkan di seluruh RTH tersebut.

Ia menjelaskan pada 2018 sebanyak sembilan taman dibangun kemudian pada 2019 dibangun taman di 48 lokasi.

Selanjutnya pada 2020 tidak ada pembangunan taman karena terkendala pandemi COVID-19.

Selanjutnya pada 2021 ada 12 taman yang dibangun dan kemudian ada 31 lokasi dibangun taman pada 2022.

Adapun sebaran taman di Jakarta Utara dan Jakarta Barat sebanyak 17 lokasi, kemudian di Jakarta Selatan ada 28 lokasi dan Jakarta Timur ada 38 lokasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan sebanyak 92 persen penduduk di Ibu Kota tinggal dekat taman, sebagai salah satu inovasi yang dihadirkan kepada masyarakat.

"Sebanyak 92 persen penduduk kota Jakarta itu bisa menjangkau taman dalam jarak 800 meter, jadi hampir 100 persen itu bertempat tinggal dekat dengan taman," kata Anies.

Adapun berdasarkan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, jumlah penduduk di Ibu Kota mencapai 10,56 juta jiwa.

Menurut dia, pembangunan taman salah satunya untuk mendukung kualitas lingkungan yang bersih dan sehat.

Selama lima tahun terakhir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melakukan revitalisasi 480 taman, kemudian 29 taman kota dan menanam 140 ribu pohon baru.
Baca juga: Anies ajak warga ramaikan taman-taman di DKI Jakarta
Baca juga: Anies buka jalur sepeda di Taman Semanggi
Baca juga: Pemkot Jaksel manfaatkan ruang hijau baru untuk interaksi warga

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022