Raub, Malaysia (ANTARA) - Pebalap tim Emirates UEA asal Kolombia, Juan Sebastian Molano, berhasil finis di posisi terdepan Etape 2 Tour de Langkawi 2022 berkat performa apiknya dalam sesi sprint panjang rute di pengujung lintasan Kuala Klawang-Raub, Malaysia, Rabu.

"Pada 200 meter akhir, saya melihat kesempatan untuk melakukan sprint dan saya tidak ingin melewatkannya," kata Molano ditemui di garis finis di Dataran Raub.

Sang pebalap berusia 27 tahun melahap trek Etape 2 sepanjang 178,9 kilometer dengan catatan waktu 4:09:20 diikuti pebalap ARA Pro Racing Sunshine Coast asal Australia Craig Wiggins serta pebalap asal Rusia Gleb Syritsa yang membela tim Astana Qazaqstan.

Etape 2 yang melahap Kuala Klawang-Raub merupakan lintasan terpanjang dari Tour de Langkawi dengan dua tanjakan utama masing-masing sepanjang 200 meter dan 99 meter.

Baca juga: Muhammad Nur Fathoni nyaris naik podium di etape 2 Tour Langkawi

Berdasar hasil Etape 2, Syritsa masih berhak untuk mengenakan jaket kuning sebagai pimpinan lomba saat memulai balapan Etape 3. Syritsa juga memimpin klasemen sprint akan tetapi jaket hijau untuk Etape 3 bakal dikenakan oleh pebalap tim UNO-X Pro Cyclist asal Norwegi, Erlend Blkra, yang berada di posisi kedua.

Sementara itu, pebalap tuan rumah Mohamad Nur Aiman berhasil merengkuh jaket merah untuk Etape 3 besok setelah mendapatkan banyak poin dari dua tanjakan utama di Etape 2.

Sedangkan jaket putih, yang menandai pimpinan klasemen pebalap muda, bakal dikenakan oleh Jambaljamts Sainbayar.

Tour de Langkawi 2022 akan melanjutkan balapan Etape 3 yang menempuh trek Putrajaya-Genting Highlands sejauh 123,7km didominasi lintasan tanjakan. Etape 3 merupakan salah satu trek yang akan berusaha dioptimalkan oleh pebalap andalan Indonesia yang membela tim Mula Cycling, Aiman Cahyadi.

Baca juga: Aiman Cahyadi maksimalkan etape 1 dan 3 Tour de Langkawi 2022
Baca juga: Pebalap tim Astana Qazaqstan Gleb Syritsa menangi etape 1 TdL 2022

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022