memperhatikan kualitas belanja dan capaian output dalam pelaksanaan anggaran
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung transformasi digital dalam bidang keuangan, salah satunya dengan mendorong pemanfaatan teknologi pengelolaan finansial.

"Kita jadikan momentum ini untuk memperkuat komitmen dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel melalui pemanfaatan teknologi digital yang optimal," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba saat membuka Rapat Koordinasi Keuangan Tahun Anggaran 2022, dalam siaran pers, diterima Kamis.

Transformasi digital adalah salah satu instrumen dalam pemulihan dan pertumbuhan pascapandemi COVID-19.

"Aktivitas pemerintahan dan masyarakat lambat-laun bangkit dengan memaksimalkan penggunaan teknologi digital," kata Mira.

Pada aspek pengelolaan keuangan negara, tuntutan transformasi digital didorong oleh Kementerian Keuangan sebagai Bendahara Umum Negara melalui kewajiban penerapan sistem SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) yang terintegrasi mulai dari penganggaran hingga pelaporan.

"Tujuannya bermuara pada peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan dalam menghadapi tantangan pengelolaan keuangan negara," kata Mira.

Mira menginstruksikan program dan kegiatan yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo bisa menjadi daya ungkit terhadap pertumbuhan ekonomi.

Kementerian Kominfo memiliki anggaran sebesar Rp26,27 triliun untuk tahun 2022. Anggaran itu, kata Mira, harus dikelola secara transparan dan akuntabel.

"Mengelola anggaran secara optimal harus menjadi komitmen kita semua," kata Mira.

Mira juga meminta setiap satuan kerja di lingkungan Kementerian Kominfo untuk mengidentifikasi kontrak yang akan jatuh tempo supaya tidak melewati batas waktu pencairan anggaran, mempercepat penyelesaian pekerjaan, meningkatkan ketelitian dalam penerbitan dokumen dan mengajukan pembayaran tagihan kepada negara yang sudah memenuhi syarat untuk dibayarkan.

"Dan yang paling utama adalah memperhatikan kualitas belanja dan capaian output dalam pelaksanaan anggaran pada akhir tahun anggaran," kata Mira.

Rapat Koordinasi "Implementasi dan Implikasi Transformasi Digital dalam Rangka Menciptakan Ekosistem Pengelolaan Keuangan yang Transparan dan Akuntabel" dihadiri pimpinan tinggi madya dan pratama Kementerian Kominfo.

Baca juga: Kemenkominfo ajak semua pihak jaga keamanan siber

Baca juga: Indonesia galang kesepakatan global kuatkan pelindungan data pribadi

Baca juga: Kemenkominfo ajak industri terapkan pelindungan data

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022