Jakarta (ANTARA) - Grup musik Slank akan menghadirkan tur konser bertajuk "Smile Indonesia" di lima kota untuk merayakan 39 tahun berkarya.

Rangkaian tur ini akan dimulai dari kota Palembang pada 6 November 2022, kemudian berlanjut pada Hari Pahlawan di kota Makassar pada 10 November. Konser diteruskan di kota Banjarbaru/Banjarmasin 24 November dan Surabaya pada 4 Desember.

Perjalanan tur konser ini akan berakhir di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta dan menjadi puncak perayaan Special Hut 39th Slank Concert pada 11 Desember.

Baca juga: "Jelajahin Livin Sanur Fest" 2022 tampilkan Slank hingga Fourtwnty

"Kota-kota ini yang mewakili kota-kota besar di Indonesia. Perayaan ulang tahunnya, kita pengin pilih yang tengah-tengah pulau Jawa," ujar bassis Slank, Ivanka saat jumpa pers konser "Smile Indonesia" di Jakarta, Kamis.

Tema konser "Smile Indonesia" sengaja dipilih lantaran band yang berkarya sejak tahun 1983 itu ingin menebarkan senyum dan semangat positif kepada seluruh Slanker atau sapaan akrab penggemar Slank.

Konser "Smile Indonesia" ini juga dianggap sebagai pertunjukan yang memiliki nilai nasionalisme karena menggandeng berbagai kolaborator mulai dari musisi, UMKM hingga akademisi.

"Niat kita bisa menyebarkan energi positif setelah kita porak-poranda dengan COVID-19, cerita seram soal 2023, ekonomi ambruk lah. Kita pengin menyebarkan energi positif, menyebar magnet yang kuat supaya Indonesia tersenyum," kata drummer Slank, Bimbim.

Konser di Palembang, Banjarbaru, Surabaya dan Makassar akan dibuka oleh grup band Tipe-X. Sedangkan untuk perayaan puncaknya, "Smile Indonesia" akan menampilkan Pamungkas, Fleur, dan Endank Soekamti.

"Smile Indonesia" diharapkan mampu mendatangkan total 50.000 penonton di lima kota. Slank hanya memperkirakan yang telah menjadi bagian dari Slankers, namun juga masyarakat Indonesia secara luas di setiap kota.

Slank juga menghimbau kepada Slankers untuk dapat mengikuti protokol dan proses yang telah ditentukan agar pertunjukan dapat dinikmati bersama-sama.

Baca juga: TikTok gandeng kreator & Slank buat lagu tema "Serunya Indonesia"

Baca juga: Slankers dari berbagai daerah ramaikan PRJ

Baca juga: Slank akan rilis single baru di bulan Desember

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022